Rutan Kandangan Gencar Melakukan Investigasi Kontak TBC

KANDANGAN. #INFO_PAS
Kegiatan Investigasi Kontak (IK) yang digawangi oleh Pengelola Program TB Puskesmas Kandangan Ibu Rahmah, A.Md. Kep. ini mempunyai dua fungsi yaitu meningkatkan penemuan kasus dan mencegah penularan TBC di masyarakat.


Kegiatan ini dilaksanakan dalam rangka tindak lanjut dari adanya temuan kasus 2 (dua) orang WBP Rutan Kelas IIB Kandangan yang positif TB serta tindak lanjut dari pertemuan Perawat Rutan dalam Acara Koordinasi LP/LS Menuju Eliminasi TB yang diselenggarakan oleh Dinas Kesehatan Provinsi Kalimantan Selatan di Banjarmasin pada tanggal 4-6 Oktober 2021 yang lalu. 


Melalui perpanjangan tangan Bapak H. Jailani Majedi, S.KM selaku Kepala Seksi (Kasi) P2PM Dinkes HSS maka terjalin kerjasama dengan Puskesmas Kandangan untuk dilakukan kegiatan investigasi kontak TBC dalam rangka mendukung keberhasilan strategi penemuan aktif melalui pelacakan dari orang-orang yang kontak dengan pasien TBC (Indeks Kasus) untuk menemukan terduga TBC dari pintu ke pintu. Adapun jumlah sasaran skrining IK di Rutan Kelas IIB Kandangan yaitu sebanyak 40 orang yang terdiri dari blok narapidana di kamar 4 dan kamar 9 masing-masing sebanyak 20 orang warga binaan.

Dengan adanya Program IK ini melalui penemuan aktif secara intensif dan masif berbasis keluarga serta masyarakat maka diharapkan akan tetap memperhatikan dan mempertahankan layanan yang bermutu bagi warga binaan sesuai standar.

Dan rencana selanjutnya setelah dilaksanakan kegiatan ini khusus bagi warga binaan dengan status kontak yang terduga TBC yang mana ada keluhan maka akan dirujuk ke layanan kesehatan untuk pemeriksaan lanjutan dan bila terdiagnosis TBC akan diberikan pengobatan yang tepat sedini mungkin.

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama