Search

159 WBP Lapas Narkotika Karang Intan Ikuti VCT Bersama Dinkes Banjar

 

WBP ikuti VCT mobile bersama Dinkes Banjar dan Puskesmas Karang Intan 1


Karang Intan, INFO_PAS – Sebanyak 159 warga binaan pemasyarakatan (WBP) Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Narkotika Kelas IIA Karang Intan, ikuti voluntary counselling and testing (VCT) mobile dan pemeriksaan infeksi menular seksual (IMS), bersama Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Banjar dan Puskesmas Karang Intan 1, di Aula Ruang Kunjungan, Selasa (17/01).

“Lapas Narkotika Karang Intan bekerjasama dengan Dinkes Banjar dan Puskesmas Karang Intan 1, untuk melakukan pemeriksaan HIV/AIDS maupun IMS terhadap ratusan warga binaan, karena mereka termasuk ke dalam kelompok beresiko, jadi perlu kita lakukan pemeriksaan,” jelas Kepala Lapas Narkotika Karang Intan, Wahyu Susetyo, Rabu (18/01).

Lebih lanjut Kalapas mengungkapkan, dilihat dari riwayat adanya tato, penggunaan jarum suntik dan sex bebas maka mereka termasuk ke dalam kelompok beresiko, sehingga harus mengikuti pemeriksaan yang dilakukan Dinkes Banjar dan Puskesmas Karang Intan 1. Semakin dini tahu maka akan lebih baik untuk penanganan kedepannya, sebelum terjadi keparahan.

Kegiatan yang dimulai pukul 09.30 WITA tersebut, mengharuskan semua warga binaan mengisi informed consent sebagai persetujuan tindakan, dan menerima konseling yang disampaikan oleh petugas kesehatan. Kemudian dilakukan pengambilan darah untuk tes HIV/AIDS maupun IMS untuk diketahui hasilnya.

“Pelaksanaan VCT mobile dilakukan berkala, diharapkan bisa memonitor kesehatan warga binaan, sebagai upaya pencegahan berkembangnya pencakit menukar, HIV maupun IMS, yang bisa menurunkan derajat kesehatan warga binaan. Pelaksanaan giat kemarin berlangsung aman dan lancar, sedangkan untuk hasil pemeriksaan bersifat rahasia,” ucap Anjar, Perawat Poliklinik Lapas Narkotika Karang Intan yang juga turun langsung pada giat yang dilangsungkan. (arb)

0 Komentar