Search

Lapas Narkotika Karang Intan Gandeng Kemenag Banjar Ajarkan WBP Baca Tulis Al-Quran

WBP ikuti pembelajaran baca tulis Al-Qur'an bersama Kemenag Banjar


Karang Intan, INFO_PAS – Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Narkotika Kelas IIA Karang Intan, Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia Kalimantan Selatan, gandeng Kementerian Agama (Kemenag) Kabupaten Banjar ajarkan warga binaan pemasyarakatan (WBP) baca tulis Al-Qur’an, di Aula Masjid At-taubah Lapas, Senin (09/01).

“Kita bekerjasama dengan Kemenag Banjar untuk program kepribadian, khususnya kegiatan-kegiatan kerohanian yang dipusatkan di Masjid. Hari ini kita memulai untuk kegiatan baca tulis Al-Qur’an, agar warga binaan tahu dan bisa cara membaca ayat yang benar, tahu makhraj (tempat keluar huruf) dan tajwid bacaan,” jelas Kepala Lapas (Kalapas) Wahyu Susetyo.

Lebih lanjut Kalapas mengungkapkan, kegiatan baca tulis Al-Qur’an bersama ustadz Reza Ramadhani dari Kemenag Banjar, akan rutin dilangsungkan setiap minggunya.

Tidak kurang 50 warga binaan antusias ikuti kegiatan yang menjadi salah satu program kerohanian unggulan yang dimiliki Lapas Narkotika Karang Intan.

Warga binaan membaca ayat Al-Qur’an bersama-sama, kemudian Ustadz Reza lakukan koreksi perbaikan bacaan. Tidak hanya itu, Ustadz Reza juga meminta warga binaan satu persatu untuk membaca ayat, dan langsung beliau perbaiki bacaan tersebut, agar menjadi benar.

Siapa saja membaca satu huruf dari Kitab Allah (Alquran), maka baginya satu kebaikan, dan satu kebaikan itu dibalas dengan sepuluh kali lipatnya, hadis riwayat At-Tirmidzi,” ujar Ustadz Reza beri motivasi warga binaan yang mengikuti pembelajaran.

Lapas Narkotika Karang Intan melaksanakan fungsi Pemasyarakatan, salah satunya memberikan pembinaan kerohanian sebagai bekal saat mereka bebas nanti. Hadir pada kegiatan tersebut, pejabat penanggungjawab program kepribadian, Kepala Seksi Bimbingan Narapidana/Anak Didik (BINADIK), Rahmat Pijati didampingi staf pelaksana program. (arb)

0 Komentar