Search

Lapas Narkotika Karang Intan Terima Kunjungan DPD Perhimpunan Anggrek Indonesia

 

DPD PAI kunjungi Lapas Narkotika Karang Intan


Karang Intan, INFO_PAS – Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Narkotika Kelas IIA Karang Intan, terima kunjungan Dewan Perwakilan Daerah (DPD) Perhimpunan Anggrek Indonesia (PAI) Provinsi Kalimantan Selatan, Sabtu (14/01).

Kunjungan para pecinta anggrek  di Lapas Narkotika Karang Intan, dalam rangka menjalin komunikasi dan kerjasama mengenai budidaya anggrek, yang akan dilangsungkan di Lapas Narkotika Karang Intan. Rombongan dipimpin langsung Ketua DPD PAI, Hj. Arinda Dian Susanti.

“Hari ini Lapas Narkotika Karang Intan terima kunjungan DPD PAI Kalimantan Selatan, komunikasi awal untuk kita bisa bekerjasama, dalam hal budidaya anggrek. Harapan kita, budidaya anggrek ini bisa menjadi salah satu program pembinaan kemandirian bagi warga binaan yang ada di Lapas,” jelas Kepala Lapas (Kalapas) Wahyu Susetyo.

Lebih lanjut dirinya mengungkapkan, dari pertemuan yang baru saja dilakukan, nantinya DPD PAI akan memberikan 50 batang angrek untuk dibudidayakan warga binaan. Batang angrek dapat dipecah menjadi banyak anakan, untuk ditumbuh dan dibesarkan.

“Warga binaan nantinya akan dibekali pengetahuan mengenai tanaman anggrek, sehingga saat mereka bebas nanti, sudah mengerti mengenai anggrek dan bisa menjadi sumber pemasukan, misalnya berjualan tanaman angrek, potensi bisnis anggrek tidak akan mati, karena bukan tanaman musiman,” sambung Kalapas.

Rombongan DPD PAI didampingi pejabat struktural Lapas Narkotika Karang Intan kemudian berkeliling untuk melihat program kemandirian pada area Sarana Asimilasi dan Edukasi (SAE), hingga ke lahan peternakan dan pekerbunan lainnya.

“Anggrek ini stabil tidak musiman dari dulu hingga sekarang, memelihara anggrek bisa mepengaruhi mental, candu. Lahan yang dimiliki Lapas Narkotika Karang Intan sangat potensial untuk pengembangan dan budidaya angrek,” pungkas Hj. Arinda Dian Susanti.

Kunjungan DPD PAI di Lapas Narkotika Karang Intan diakhiri dengan berfoto bersama pada land mark SAE sambil menyuarakan yel-yel “salam anggrek”. (arb)

1 Komentar