Search

WBP Lapas Narkotika Karang Intan Panen Telor Bebek Mojosari Alabio

Peternakan bebek warga binaan Lapas Narkotika Karang Intan

 

Karang Intan, INFO_PAS – Warga binaan pemasyarakatan (WBP) Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Narkotika Kelas IIA Karang Intan, panen telor bebek jenis mojosari alabio pada lahan peternakan program kemandirian yang dimiliki Lapas, Senin (30/01).

 

“WBP lakukan panen telor bebek jenis mojosari alabio, yang diternakan secara mandiri. Peternakan bebek ini menjadi salah satu kegiatan positif yang diselenggarakan Lapas Narkotika Karang Intan untuk memfasilitasi warga binaan, sebagai bekal sebelum nantinya mereka kembali ke masyarakat,” jelas Kepala Lapas (Kalapas) Wahyu Susetyo.

 

Lebih lanjut Kalapas menambahkan, bebek petelur jenis ini merupakan bebek hibrida master, penghasil telur bebek yang unggul, dan miliki gen penghasil telur dengan produktivitas tinggi. Alasan itulah, ternak bebek petelur jenis mojosari alabio sangat tepat dipilih menjadi salah satu program pembinaan kemandirian bagi warga binaan.

 

Tidak kurang 15 warga binaan tergabung dalam program peternakan, terbagi pada masing-masing tanggungjawab, mulai dari menjaga kebersihan kandang, mengambil telur, dan memberi pakan. 

 

Pakan bebek jenis mojosari alabio harus memiliki konsentrat tinggi dengan campuran bahan alami lainnya. Semua itu diberikan untuk mencukupi kebutuhan energi, protein dan serat kasar yang baik untuk bebek agar terus produktif.

 

“Semoga dengan berbagai kegiatan positif yang diselenggarakan Lapas Narkotika Karang Intan, membentuk mereka menjadi lebih positif, dan siap kembali menjadi pribadi baru yang lebih produktif ke depannya,” harap Kalapas. (arb)

 

0 Komentar