Search

Kreatif, WBP Lapas Narkotika Karang Intan Buat Lampion & Miniatur Rumah Banjar


 

Warga Binaan membuat miniatur rumah banjar

Karang Intan, INFO_PAS – Kreativitas Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP) Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Narkotika Kelas IIA Karang Intan sudah tidak diragukan. Hanya bermodalkan stik es krim, terbukti mereka mampu mengolahnya menjadi karya dengan nilai seni dan ekonomi yang tinggi.

 

“Meski berada di balik tembok Lapas, bukan berarti mereka kehilangan kreativitas dan kesempatan mengekspresikan kebisaan yang mereka miliki. Di sini mereka bisa berkreasi, membuat lampion, miniatur rumah banjar, caffe, mobil dan lainnya,” ungkap Kepala Lapas (Kalapas) Wahyu Susetyo, Rabu (22/02).

 

Lebih lanjut orang nomor satu di Lapas Narkotika Karang Intan ini menambahkan, karya yang dibuat WBP tidak kalah dari buatan pengrajin yang ada di luar Lapas. Semua itu tidak terlepas dari peran dan bimbingan petugas dalam mendampingi mereka menjalani pembinaan di bawah Seksi Kegiatan Kerja (Giatja).

 

Pembuatan lampion dan miniatur rumah banjar menggunakan stik es krim, yang dipotong dan disusun sesuai yang diinginkan, kemudian ditempel menggunakan lem kayu. Miniatur yang sudah jadi, mendapat sentuhan pernis agar warnanya lebih cerah dan menarik.

 

“Pengerjaan untuk satu karya memerlukan waktu hampir satu minggu, mulai dari pemotongan bahan kayu sampai finishing. Setiap karya akan ditampilkan dengan penutup yang terbuat dari kaca, agar semakin elegan dan lebih bernilai,” ungkap Ibnu, staf Seksi Giatja.

 

Karya WBP Lapas Narkotika Karang Intan ini dapat dibeli untuk dijadikan cendra mata. Pembelian dapat dilakukan dengan datang langsung ke Lapas atau melalui direct message pada akun media sosial Lapas.

 

Hasil penjualan akan menjadi komponen Penerimaan Negara Bukan Pajak dan sebagian premi menjadi hak WBP berupa tabungan yang akan diterima ketika selesai menjalani pembinaan di Lapas Narkotika Karang Intan. (arb)

 

 

0 Komentar