Search

Semangat Pulih Dari Ketergantungan Narkotika – 140 WBP Lapas Narkotika Karang Intan Ikuti Morning Meeting

WBP ikuti morning meeting program rehabilitasi


 

Karang Intan, INFO_PAS – 140 warga binaan pemasyarakatan (WBP) Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Narkotika Kelas IIA Karang Intan, antusias ikut morning meeting, salah satu kegiatan harian yang wajib diikuti WBP yang tergabung dalam program rehabilitasi yang digelar Lapas, Rabu (01/02).

 

Lapas Narkotika Karang Intan menggelar rehabilitasi dengan konsep modalitas therapeutic community, kegiatan yang lebih menekankan terapi perubahan perilaku adiktif menjadi adaptif dengan kebiasaan baru yang lebih baik, salah satu kegiatan yang rutin dilakukan, yakni kegiatan morning meeting, agar mereka mengawali hari dengan lebih positif.” jelas Kepala Lapas (Kalapas) Wahyu Susetyo.

 

Lebih lanjut Kalapas menambahkan, pada kegiatan tersebut disampaikan permasalahan yang sedang dihadapi masing-masing residen, dengan harapan akan muncul kepedulian satu sama lain, sehingga ikatan di antara mereka akan semakin kuat.

 

Residen dan konselor berkumpul pada satu tempat, membentuk lingkaran. Seorang residen harus mengawali dengan kalimat pembuka “good morning family” dan dijawab “good morning” oleh residen lainnya.

 

Morning meeting dibuka dengan pengumuman, membaca ikrar dan penyampaian perasaan dari tiap-tiap residen secara bergantian, dilanjutkan dengan penyampaian isu-isu aktual. 

 

Seluruh residen family dengan posisi berdiri, bergandengan tangan untuk membaca serenity prayer dipimpin salah seorang residen, diikuti residen lainnya, kemudian saling merangkul untuk membaca philosophy yang dipimpin oleh salah satu residen, yang juga diikuti oleh residen lainnya. 

 

“Kegiatan morning meeting ini sebenarnya, juga untuk menggali cerita dan keadaan masing-masing residen, misalkan kondisi bahagia, sedih, sehat atau sakit, jadi warga binaan lebih terbuka satu sama lain, karena mereka ini sudah jadi satu keluarga, family, dan diharapkan lebih percaya diri dan dapat menghargai satu sama lain, terwujud ikatan di antara mereka,” pungkas Kalapas.

 

Kegiatan ditutup dengan pembacaan doa, sebelum kegiatan bubar, residen saling bersalaman dan berpelukan satu sama lain.

 

0 Komentar