Search

Tiba - tiba Kandangan dihantam Banjir dengan Kedalaman

Kandangan - atau dikenal dengan kota penghasil Dodol , kini bernasif sama dengan wilayah - wilayah yang ada di Kalimantan Selatan, terlebih saat musim Hujan dengan intensitas tinggi sehingga mengakibatkan sungai - sungai mengalami perluapan. 

Berikut detik - detik Kandangan dihantam Banjir:

Adapun wilayah yang teredam banjir dikandangan yakni : Daerah Jambu, Pandai, Padang Panjang, Karang Jawa terendam banjir dengan variasi ketinggan yakni sekitar 50 cm hingga 1 meter. Warga pun dihimbau agar tenang dan tidak panik termakan berita 

Menurut BMKG Kalimantan Selatan berdasarkan kondisi dinamika atmosfer, wilayah Kalimantan Selatan masih terdapat potensi peningkatan cuaca ekstrim di beberapa wilayah pada tanggal 24 Februari-2 Maret 2023. Hasil analisis dinamika atmosfer terkini wilayah Kalimantan Selatan menunjukkan: 

  1. Masih aktifnya kondisi La Nina lemah yang berdampak pada peningkatan jumlah curah hujan di wilayah Kalimantan Selatan.
  2. Tarikan massa udara akibat adanya daerah pusat tekanan rendah di Australia bagian Utara mengakibatkan terbentuknya daerah pertemuan angin (konvergensi) di sekitar wilayah Kalimantan Selatan yang berpotensi meningkatkan pertumbuhan awan-awan konvektif  penghasil hujan.
  3. Aktifnya gelombang atmosfer Kelvin dan Low Frequency yang berpropagasi (merambat) ke arah Timur dan mencakup wilayah Kalsel berdampak pada peningkatan jumlah curah hujan di sebagian besar wilayah di Kalimantan Selatan.

Prospek seminggu kedepan, hampir seluruh wilayah Kalimantan Selatan masih berpotensi terjadi hujan dengan intensitas yang bervariasi dari ringan hingga lebat yang dapat disertai kilat/petir dan angin kencang. 

Wilayah yang perlu diwaspadai memiliki potensi cuaca ekstrim yang dapat mengakibatkan terjadinya bencana hidrometeorologi (genangan air, banjir, banjir bandang puting beliung hujan es maupun tanah longsor untuk wilayah dataran tinggi) yaitu Kalimantan Selatan bagian Barat, Selatan dan Utara seperti wilayah Kota/Kabupaten Banjarmasin, Banjarbaru, Banjar, Tanah Laut, Barito Kuala, Tapin, Hulu Sungai Selatan, Hulu Sungai Tengah, Hulu Sungai Utara, Balangan dan Tabalong Wilayah-wilayah ini berpotensi terjadi hujan lebat terutama pada siang/sore dan matam hingga dini hari

Penutup

Demikian berita tentang bajir di kandangan.

0 Komentar