Search

Kuatkan Pemulihan, Lapas Narkotika Karang Intan Gelar Terapi Kelompok Bagi Residen Rehabilitasi

Warga Binaan antusias ikuti terapi kelompok bersama Roemah Pelita

Karang Intan, INFO_PAS
 – Dalam rangka menguatkan pemulihan dan melatih klien rehabilitasi untuk lebih baik dalam menyelesaikan permasalahan yang dirasakan. Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Narkotika Kelas IIA Karang Intan gandeng Yayasan Roemah Pelita Bangsa beri terapi kelompok terhadap 140 Warga Binaan residen rehabilitasi.

 

“140 residen rehab ikuti terapi kelompok, salah satu kegiatan yang harus mereka ikuti selama menjalani rehabilitasi di Lapas Narkotika Karang Intan. Kegiatan ini selain menambah wawasan mereka juga mempercepat dan menjaga pemulihan diri, agar pulih konsisten dan berkelanjutan,” jelas Kepala Lapas (Kalapas) Wahyu Susetyo, Senin (06/03).

 

Lapas Narkotika Karang Intan menerapkan konsep therapeutic community untuk program rehabilitasi sosial yang diselenggarakan. Kegiatan yang menekankan terapi perubahan perilaku adiktif menjadi adaptif dengan kebiasaan baru yang lebih baik. 

 

Terapi kelompok berupa seminar relapse prevention dan psikoedukasi coping skill, bertujuan untuk lebih menguatkan pemulihan dan melatih klien lebih baik dalam menyelesaikan permasalahan yang saat ini sedang dirasakan. 

 

“Kegiatan ini semoga menjadi penambah wawasan dan mencegah kekambuhan bagi residen rehab. Saya senang melihat antusias mereka dalam mengikuti kegiatan terapi kelompok,” ucap Musthofa Kamal, Pemateri dari Yayasan Roemah Pelita Bangsa.

 

Selain itu, pada kegiatan terapi kelompok juga disampaikan tips agar terhindar dari slip dan relapse. Klien juga dilatih untuk menerapkan coping skill dengan beberapa contoh kasus yang disampaikan pemateri.

 

Residen rehabilitasi antusias menyimak dan mengikuti kegiatan, aktif bertanya dan mengikuti diskusi pada akhir sesi terapi. Dari kegiatan ini juga diharapkan menambah percaya diri, mempercepat dan menjaga pemulihan ketergantungan narkotika, sesuai dengan tujuan pelaksanaan program rehabilitasi yang diselenggarakan Lapas Narkotika Karang Intan. (arb)

 

 

 

0 Komentar