Search

Lapas Narkotika Karang Intan Ikuti Rakernis Pemasyarakatan Kanwil Kemenkumham Kalsel 2023

Rakernis Pemasyarakatan Kanwil Kemenkumham Kalsel

 

Banjarmasin, INFO_PAS – Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Narkotika Kelas IIA Karang Intan, ikuti kegiatan Rapat Kerja Teknis (Rakernis) Pemasyarakatan tahun 2023 “Transformasi Pemasyarakatan Semakin PASTI BerAkhlak, Indonesia Maju” yang digelar Divisi Pemasyarakatan Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia Kalimantan Selatan di G’Sign Hotel Banjarmasin, Rabu (15/03).

 

Ini merupakan wadah dan ruang bagi kita di jajaran Pemasyarakatan untuk berdiskusi dan bertukar pikiran untuk menghadapi berbagai dinamika dan persoalan untuk mewujudkan transformasi dalam pelaksanaan tugas yang dilakukan, agar senantiasa lebih baik khususnya di masa transisi menuju endemic seperti saat ini,” jelas Kepala Lapas (Kalapas) Wahyu Susetyo saat hadiri kegiatan pembukaan.

 

Lebih lanjut dirinya menambahkan, kegiatan rakernis membahasa berbagai hal terkait pelaksanaan layanan Pemasyarakatan pada masa transisi menuju endemi Covid-19 yang merupakan tindak lanjut edaran Direktur Jenderal Pemasyarakatan Nomor PAS.04.OT.02.20 Tahun 2023.

 

Kegiatan menghadirkan Kepala Unit Pelaksana Teknis Pemasyarakatan se-Kalimantan Selatan ini dibuka langsung oleh Kepala Kantor Wilayah, Faisol Ali. Dirinya menyinggung reformasi Pemasyarakatan berdasarkan Undang-Undang Nomor 1 tahun 2023 tentang Kitab Undang-Undang Hukum Pidana (KUHP).

"Reformasi Pemasyarakatan dilakukan berdasarkan perubahan UU Pemasyarakatan, UU Nomor 1 Tahun 2023 tentang KUHP merupakan salah satu bentuk upaya pemerintah dalam mewujudkan penegakkan hukum yang berkeadilan, kepastian hukum dan manfaat untuk masyarakat," ucapnya saat beri sambutan.

Melalui kegiatan rakernis ini, Kantor Wilayah memandang perlu segera mengambil langkah strategis guna melakukan penyesuaian penyelenggaraan layanan Pemasyarakatan pada masa transisi menuju endemic.

Direktur Pembinaan Narapidana dan Latihan Kerja Produksi Direktorat Jenderal Pemasyarakatan, Erwedi Supriyatno dan Direktur Teknologi Informasi dan Kerjasama Direktorat Jenderal Pemasyarakatan, Dodot Adikuswanto hadir langsung pada kegiatan rakernis dan berikan materi kepada peserta yang hadir. (arb)

 

0 Komentar