Search

Semarak HBP 59, Kanwil Kemenkumham Kalsel Safari Ramadan 1444 H Di Lapas Narkotika Karang Intan

Safari Ramadan 1444H Kanwil Kemenkumham Kalsel di Lapas Narkotika Karang Intan


Karang Intan, INFO_PAS – Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia Kalimantan Selatan laksanakan safari Ramadan 1444 hijriyah di Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Narkotika Kelas IIA Karang Intan, Kamis (30/03). Safari Ramadan ini merupakan salah satu agenda dalam rangka semarakkan Hari Bakti Pemasyarakatan (HBP) ke-59 tahun 2023.

 

Safari Ramadan dimaksudkan sebagai bentuk monitoring peningkatan iman dan takwa wujud dari pembinaan kerohanian Warga Binaan khususnya pada bulan Ramadan. 

 

Kegiatan diawali dengan pembacaan syair maulid dengan iringan rebana yang dibawakan apik oleh grup maulid Warga Binaan. Lantunan ayat-ayat suci Al’Quran yang juga dibacakan oleh Warga Binaan tandai dibukanya kegiatan yang dilangsungkan di Masjid At-Taubah Lapas sore hari ini.

 

“Lapas Narkotika Karang Intan selama Ramadan 1444 hijriyah menyelenggarakan berbagai kegiatan kerohanian yang dilangsungkan setiap hari, diantaranya pembacaan surah yasin, tahlil, pembelajaran baca tulis Al-Qur’an, kajian keagamaan, buka puasa bersama, salat tarawih berjamaah yang dilanjut dengan tadarus Al-Qur’an,” ujar Kalapas awali sambutannya.

 

Lebih lanjut dirinya menyampaikan, Warga Binaan yang mengikuti pelaksanaan safari ramadan sore hari ini berjumlah 350 orang, sedang yang lainnya mengikuti dan mendengarkan dari masing-masing blok hunian.

 

Kepala Divisi Pemasyarakatan Sri Yuwono mewakili Kepala Kantor Wilayah Faisol Ali, awali sambutannya dengan mengingatkan seluruh jamaah yang hadir agar senantiasa bersyukur atas kesempatan diri bertemu dengan bulan Ramadan.

 

“Kita harus bersyukur bahwa kita masih bisa bertemu dengan bulan suci Ramadan. Manfaatkan dengan sebaik-baiknya terutama dalam hal ibadah, karena amal ibadah kita di bulan ini akan dilipatgandakan. Selain ibadah wajib, juga ditambah dengan ibadah-ibadah lainnya seperti tarawih, tadarus dan lainnya, harapan kita kegiatan positif ini diterukan hingga bebas nanti,” ucap Sri Yuwono.

 

Dirinya juga berpesan kepada seluruh jamaah yang hadir agar bisa memupuk rasa kebersamaan, gotong royong saling membantu di antara Warga Binaan mulai dari hal-hal kecil misalnya kebersihan kamar hunian dan kebersihan blok. Juga bersama-sama menjaga keamanan dan kondusifitas lingkungan Lapas.

 

Penceramah pada kegiatan safari Ramadan kali ini, Ustadz H Badaruddin dari Kementerian Agama Kabupaten Banjar. Dirinya awali tausiah dengan mengutip surah Al-Bawarah ayat 183 mengenai kewajiban berpuasa atas orang beriman.

 

 "Wahai orang-orang yang beriman! Diwajibkan atas kamu berpuasa sebagaimana diwajibkan atas orang sebelum kamu agar kamu bertakwa. Puasa berasal dari kata shaum atau shiyam yang artinya menahan. Sedangkan menurut istilah, puasa adalah menahan diri dari segala yang membatalkannya dengan cara-cara yang khusus, mulai dari terbit fajar hingga terbenam matahari,” ujarnya.


Kewajiban puasa dalam ayat di atas dilakukan untuk mendidik jiwa, mengendalikan syahwat, puasa dilakukan agar manusia senantiasa bertakwa dengan melaksanakan perintah dan menjauhi larangannya.

 

Turut hadir pada kegiatan safari Ramadan oleh Kantor Wilayah, Kepala Bidang Pelayanan Tahanan Kesehatan Rehabilitasi Pengelolaan Benda Sitaan Barang Rampasan Negara dan Kemanan Ahmad Tohari dan Kepala Subbidang Pembinaan Teknologi Informasi dan Kerjasama Eri Triyanto. (arb/ysf)

 

0 Komentar