Search

Semarak HBP 59 – Lapas Narkotika Karang Intan Gelar Pelayanan Kesehatan Proaktif Bagi Pengunjung WBP

 

Layanan kesehatan proaktif bagi keluarga WBP

Karang Intan, INFO_PAS
 – Semarakkan Hari Bakti Pemasyarakatan (HBP) Ke-59 tahun 2023, Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Narkotika Kelas IIA Karang Intan menggelar kegiatan layanan kesehatan proaktif bagi keluarga Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP) yang sedang lakukan kunjungan tatap muka langsung terbatas di Aula Ruang Kunjungan, Kamis (09/03).

 

“Kegiatan ini digelar dalam rangka menyemarakkan HBP 59 tahun 2023 dengan melakukan pelayanan kesehatan kepada masyarakat, sasaran kegiatan keluarga WBP yang melakukan kunjungan di Lapas, ada pemeriksaan kesehatan gratis dan penyuluhan kesehatan oleh petugas,” ungkap Kepala Seksi Bimbingan Narapidana/Anak Didik Rahmat Pijati mewakili Kepala Lapas (Kalapas) Wahyu Susetyo.

 

Lebih lanjut dirinya menambahkan, kegiatan serupa nantinya akan kembali dilangsungkan dengan menggandeng Puskesmas Karang Intan 1 sebagai pelaksana pemeriksa bagi masyarakat yang ingin memeriksakan kesehatannya.

 

Kegiatan layanan kesehatan proaktif ini dalam rangka semangat pengabdian memperingati HBP 59, menggelorakan semangat mengabdi dan bakti petugas Pemasyarakatan dengan menyelenggarakan kegiatan sosial yang bermanfaat luas.

 

“Tadi kita langsungkan penyuluhan kesehatan mengenai PHBS (perilaku hidup bersih dan sehat), tata cara mencuci tangan yang baik dan benar juga waktu-waktu cuci tangan yang tepat,  etika bersin dan batuk serta cara memakai masker yang benar,” jelas petugas kesehatan Poliklinik Lapas Narkotika Karang Intan Anjar Ani di lokasi kegiatan.

 

Anjar juga mengungkapkan, pada layanan kesehatan yang diselenggarakan, tidak memberikan obat-obatan karena hanya menyasar preventif dan promotif. Layanan yang diberikan kepada keluarga WBP mencakup pemeriksaan tekanan darah, gula darah, asam urat dan kolesterol. 

 

Keluarga WBP antusias melakukan pemeriksaan kesehatan yang diselenggarakan Lapas, tercatat tidak kurang dari 20 orang keluarga WBP mememeriksakan kesehatannya. (arb)

 

0 Komentar