Search

Semarak HBP 59, Lapas Narkotika Karang Intan Ikuti Turnamen Catur Online Nasional


 

Turnamen catur online HBP 59

Banjarbaru, INFO_PAS – Menyemarakkan Hari Bakti Pemasyarakatan (HBP) ke-59 tahun 2023, Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Narkotika Kelas IIA Karang Intan wakili Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia Kalimantan Selatan, ikuti turnamen catur online “National Inmate’s Sports Day” bertempat di Lapas Banjarbaru, Senin (13/03).

 

“Kita mengirimkan tiga petugas untuk mengikuti lomba catur online dalam rangka HBP 59, mewakili Kantor Wilayah terdiri dari lima pemain dan tiga diantaranya dari Lapas Narkotika Karang Intan. Konsentrasi, perencanaan dan fokus sangat diperlukan dalam perlombaan ini, anggota yang mengikuti perlombaan sudah mempersiapkan semuanya untuk menjadi yang terbaik,” ungkap Kepala Lapas (Kalapas) Wahyu Susetyo.

 

Lebih lanjut Kalapas menambahkan, permainan catur menuntut para pemain untuk terampil mengantisipasi pergerakan lawan, sehingga para pemain harus bisa mengukur dan mempertimbangkan langkah sebelum mengambil keputusan dan itu berguna dalam pelaksanaan tugas sehari-hari. 

 

Turnamen catur online dalam rangka HBP 59 ini terbuka untuk semua Aparatur Sipil Negara Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia dari seluruh Indonesia. Babak penyisihan dan pertandingan dilakukan secara online melalui Aplikasi Lichess, dengan kamera zoom terbuka sesuai protokol federasi catur dunia dengan waktu 10 menit increment 3 detik.

 

“Kita bermain catur secara online Lichess dari browser, bukan dari aplikasi Lichess yang biasa ada di handphone. Pertandingannya sendiri menggunakan system swiss dengan tujuh babak atau menyesuaikan jumlah peserta yang nantinya bertanding. Kita semua diharuskan mengikuti aturan dari Lichess sesuai dengan aturan federasi catur dunia untuk penilaian tie break dan ranking,” ungkap Hasan, salah seorang pemain catur online Lapas Narkotika Karang Intan.

 

Turnamen catur online dalam rangka HBP 59 dilaksanakan serentak secara hybrid, secara luring langsung di Graha Bakti Pemasyarakatan Lantai 6 Direktorat Jenderal Pemasyarakatan dan secara daring melalui Aplikasi Zoom Meeting. (arb)

 

0 Komentar