Search

Lapas Narkotika Karang Intan Ikuti Upacara HBP 59 & Halal Bihalal

 

Upacara Hari Bakti Pemasyarakatan ke-59 di Lapas Narkotika Karang Intan

Karang Intan, INFO_PAS – Bertempat di Aula Ruang Kunjungan, jajaran Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Narkotika Kelas IIA Karang Intan bersama Forum Komunikasi Pimpinan Daerah Kecamatan Karang Intan, ikuti Upacara Hari Bakti Pemasyarakatan (HBP) ke-59 tahun 2023 sekaligus Halal Bihalal jajaran Kementerian Hukum dan HAM yang dilangsungkan secara hybrid, Selasa (02/05).

 

“Hari ini kita mengikuti upacara HBP ke-59 sekaligus halal bihalal, dan kita mengundang Kepolisian Sektor Karang Intan dan Komando Rayon Militer 1006-05 Karang Intan untuk bersama-sama mengikuti pelaksanaan upacara yang terpusat di Jakarta dan dipimpin langsung oleh Menteri Hukum dan HAM Yasonna H Laoly,” ungkap Kepala Lapas Wahyu Susetyo.

 

Lebih lanjut dirinya menambahkan, HBP ke-59 harus menjadi momentum memperkuat komitmen jajaran pemasyarakatan khususnya bagi Lapas Narkotika Karang Intan dalam berkinerja, meningkatkan motivasi, dan memacu inovasi dalam mencapai tujuan sistem pemasyarakatan.

 

Menteri Hukum dan HAM Yasonna H Laoly kembali menyinggung pengesahan Undang-Undang Nomor 22 Tahun 2022 tentang Pemasyarakatan, menjadikan Sistem Pemasyarakatan yang semula hanya menjadi muara dari sistem peradilan pidana, kini harus bertransformasi.

 

“Ini merupakan bentuk komitmen pemerintah Indonesia untuk menempatkan sebagai salah satu Subsistem Peradilan Pidana Indonesia. Sistem Pemasyarakatan harus bergerak mulai dari tahapan Pra Adjudikasi, Adjudikasi sampai dengan Pasca Adjudikasi,” ujar Menteri Hukum dan HAM Yasonna H Laoly saat memimpin upacara di Jakarta.

 

Dirinya juga kembali mengingatkan jajaran Pemasyarakatan bahwa pemidanaan kedepan bukan hanya mampu memberikan penyelesaian secara berkeadilan namun juga memulihkan. Pemidanaan ke depan juga harus memberikan perhatian pada korban, pelibatan masyarakat dan tanggung jawab tehradap pelaku.

 

“Dalam mewujudkan tujuan tersebut, kita tidak bisa hanya berfokus kepada para pelanggar hukum saja, tetapi harus meluas
Sampai ke masyarakat untuk menciptakan ekosistem social reintegration. Pelibatan masyarakat tentunya akan berkontribusi dalam meningkatkan social control, social support dan social participation pada upaya pemulihan konflik pelanggar hukum dengan masyarakat secara inklusif,” tambahnya.

 

Yasonna berharap agar seluruh pegawai dapat memaknai halalbihalal sebagai momentum untuk saling memaafkan, instropeksi diri, dan memperkuat tali silaturahmi. Tak lupa ia juga berpesan kepada seluruh pegawai untuk segera fokus bekerja, perkuat sinergi dan kolaborasi, serta meningkatkan kedisiplinan.

 

“Sebagai abdi negara, ASN harus memiliki sikap disiplin yang tinggi sehingga akan optimal dalam melaksanakan tugas dan memberikan pelayanan kepada masyarakat. Akhir kata, Dirgahayu Pemasyarakatan! “Selamat Hari Bakti Pemasyarakatan Ke-59” Tetaplah menjadi Aparatur Sipil Negara yang tulus dan ikhlas mengabdi kepada bangsa dan negara,” pungkasnya.

 

Pelaksanaan upacara HBP ke-59 di Lapas Narkotika Karang Intan berlangsung khidmat dan lancar hingga akhir kegiatan. (arb/ysf)

 

0 Komentar