Search

Lapas Narkotika Karang Intan Ikuti Syukuran Hari Bakti Pemasyarakatan Ke-59

Syukuran Hari Bakti Pemasyarakatan ke-59 di Lapas Narkotika Karang Intan


Karang Intan, INFO_PAS – Jajaran Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Narkotika Kelas IIA Karang Intan ikuti secara virtual syukuran Hari Bakti Pemasyarakatan (HBP) ke-59 “Transformasi Pemasyarakatan semakin PASTI BerAKHLAK, Indonesia Maju” yang digelar secara hybrid, dari Aula Ruang Kunjungan Lapas, Rabu (03/05).

 

Menteri Hukum dan HAM Yasonna H Laoly dalam sambutannya berujar, peringatan HBP ke-59 bukan semata kegiatan seremonial, namun jauh dari itu sebagai jawaban atas tantangan bagi Kementerian yang harus dituntaskan ke depannya.

 

“Ini adalah bentuk komitmen kita untuk menjawab berbagai tantangan ke depan, selaras dengan arah dan tujuan Undang-undang Nomor 22 Tahun 2022 tentang Pemasyarakatan dan Undang-undang Nomor 1 Tahun 2023 tentang Kitab Undang-undang Hukum Pidana,” ujar Yasonna dari Ciputra Artpreneur Jakarta.

 

Dirinya menekankan Pemasyarakatan harus memastikan kehadirannya sebagai bagian subsistem peradilan pidana yang mengawal dari tahap praajudikasi, ajudikasi, sampai dengan pasca ajudikasi.

 

Pada kesempatan tersebut, Direktur Jenderal Pemasyarakatan Reynhard Silitonga mengungkapkan rasa syukur atas terwujudnya sistem Pemasyarakatan yang kini lebih manusiawi dan berasaskan Pancasila.

 

“Kami menyadari bahwa perjalanan transformasi pemasyarakatan yang semakin baik dan maju tidaklah mudah, kami membutuhkan bantuan dari berbagai pihak untuk mewujudkan tujuan pemasyarakatan yang berkualitas dan memberikan kontribusi nyata bagi kemajuan Indonesia. Kami siap menjalankan tugas dan kewajiban kami sebagai bagian dari institusi pemasyarakatan dengan penuh tanggungjawab dan dedikasi tinggi untuk mewujudkan transformasi pemasyarakatan semakin PASTI BerAKHLAK,” ungkapnya.

 

Kepala Lapas Narkotika Karang Intan Wahyu Susetyo di tempat kegiatan berharap, HBP ke-59 bisa menjadi momentum untuk terus meningkatkan nilai dan kebermanfaatan bagi semua pihak yang bersinggungan langsung dengan Pemasyarakatan, khususnya bagi satuan kerja yang dipimpinnya.

 

“Kita sama-sama berharap Pemasyarakatan bisa lebih maju lagi ke depannya, dengan memberikan dampak positif yang semakin luas, tidak hanya bagi Warga Binaan yang memang menjadi target utama dalam pelayanan yang kita diselenggarakan, namun juga menjangkau sasaran yang lebih luas, masyarakat maupun stakeholder lainnya, sehingga keberadaan kita tidak hanya semakin positif namun juga semakin bernilai,” harapnya.

 

Dirinya menambahkan, HBP menjadi media evaluasi untuk memperkokoh komitmen seluruh jajaran Lapas Narkotika Karang Intan berkontribusi dalam menjawab tantangan zaman demi mewujudkan tujuan dari sistem pemasyarakatan.

 

Kegiatan syukuran turut menyanjikan berbagai penampilan menarik dari Warga Binaan, mulai dari surat cinta untuk Menteri Hukum dan HAM, tarian Wonderful Pemasyarakatan dan penampilan teater. Tidak hanya itu, diumumkan pula penerima penghargaan dan juara kompetisi dalam rangka semarak HBP ke-59 serta penyerahan penghargaan kepada Kepala Daerah. (arb/ysf)

0 Komentar