Search

Warga Binaan Lapas Narkotika Karang Intan Netaskan Telur Bebek Secara Mandiri

Bebek hasil penetasan menggunakan mesin penetas telur otomatis Lapas Narkotika Karang Intan

 

Karang Intan, INFO_PAS – Warga Binaan Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Narkotika Kelas IIA Karang Intan yang tergabung dalam program pembinaan kemandirian peternakan, berhasil menetaskan puluhan telur bebek secara mandiri menggunakan mesin penetas telur otomatis yang dimiliki Lapas, Jum’at (05/05).

 

“Satu mesin itu bisa untuk 50 hingga 100 biji telur bebek dengan waktu menetas kurang lebih 28 hari. Penggunaan mesin lebih praktis dan tingkat keberhasilan yang tinggi. Mesin ini juga biasa kita gunakan untuk menetaskan telur puyuh maupun telur ayam,” jelas salah seorang Warga Binaan Hairuddin.

 

Mesin penetas telur otomatis yang dimiliki Lapas Narkotika Karang Intan merupakan bantuan dan dukungan dari Dinas Pertanian Kabupaten Banjar untuk suksesnya pelaksanaan program kemandirian peternakan yang diselenggarakan Lapas. 

 

“Kita berkomitmen untuk terus meningkatkan presentasi kesuksesan dalam pengeraman telur jika dibandingkan dengan penggunaan teknik manual. Penggunaan mesin penetas telur otomatis ini sangat efektif untuk mendukung pelaksanaan program kemandirian peternakan yang saat ini dilaksanakan Lapas,” ungkap Kepala Lapas Wahyu Susetyo.

 

Lebih lanjut orang nomor satu di Lapas Narkotika Karang Intan ini berharap, pelaksanaan pembinaan kemandirian yang diselenggarakan menjadi bekal bagi Warga Binaan saat kembali ke masyarakat nantinya.

 

“Harapan kita pelaksanaan kemandirian bagi Warga Binaan semakin maju dan menambah nilai bagi diri mereka sehingga semakin siap saat kembali ke masyarakat setelah menyelesaikan pembinaan, misal mereka ingin menjadi pengusaha peternakan, sudah dapat bekal ilmu dan pengalaman selama berada di sini,” pungkasnya. (arb/ysf)

 

0 Komentar