Search

Langkah Preventif Rutan Kelas IIB Pelaihari: Tes Urine sebagai Deteksi Dini Narkoba pada Warga Binaan

Langkah preventif Rutan Pelaihari langsungkan tes urin deteksi dini narkoba pada Warga Binaan


Pelaihari, 3 Juni 2023 - Dalam upaya menjaga keamanan dan ketertiban di Rutan Kelas IIB Pelaihari, sebanyak 15 orang Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP) telah menjalani tes urine sebagai langkah preventif dalam mendeteksi dini penggunaan narkoba. Tes urine tersebut dilakukan secara acak oleh Kesatuan Pengamanan Rutan (KPR) Pelaihari, bertempat di lingkungan Klinik Pratama Rutan Pelaihari.

Dalam pelaksanaan tes urine ini, perawat ahli pertama Klinik Pratama Rutan Pelaihari, Yuniar Silvarani, berperan penting dalam memastikan keakuratan dan kredibilitas hasil tes. Mereka bekerja sama dengan Tim Kesatuan Pengamanan Rutan, yang turut serta dalam membantu kegiatan ini.

Kepala Subseksi Pelayanan Tahanan Rutan Pelaihari, M. Fahrurrazi, dengan tanggap dan bertanggung jawab, merangkap sebagai Pelaksana Harian (Plh) Kepala Rutan Pelaihari. Langkah ini menunjukkan komitmen dan perhatian yang tinggi dari pihak Rutan Pelaihari dalam menjaga kedisiplinan dan melindungi keamanan warga binaan.

Dalam tes urine yang dilakukan, hasilnya sangat menggembirakan. Semua 15 Warga Binaan Pemasyarakatan yang mengikuti tes urine tersebut mendapatkan hasil negatif. Hal ini menunjukkan bahwa upaya pencegahan dan pengawasan yang dilakukan oleh Rutan Pelaihari mampu mencegah penggunaan narkoba di dalam lingkungan tahanan.

Langkah preventif seperti tes urine ini sangat penting dalam meminimalisir peredaran narkoba di dalam Rutan Pelaihari. Selain sebagai tindakan pencegahan, tes urine ini juga bertujuan untuk memberikan kesadaran kepada warga binaan akan bahaya penggunaan narkoba serta dampak negatifnya terhadap proses rehabilitasi dan perubahan diri.

Dengan hasil tes urine yang negatif, Rutan Kelas IIB Pelaihari dapat menjaga citra sebagai lembaga pemasyarakatan yang aman dan terbebas dari pengaruh negatif narkoba. Hal ini tidak terlepas dari kerjasama yang baik antara KPR Rutan Pelaihari, perawat Klinik Pratama Rutan Pelaihari, dan pihak-pihak terkait lainnya.

0 Komentar