Search

Lapas Amuntai Deteksi Gangguan Kamtib - Laksanakan Razia Ruti Kamar Hunian

Lapas Amuntai Deteksi Gangguan Kamtib - Laksanakan Razia Ruti Kamar Hunian


Amuntai, Humas_Info- Lembaga Pemasyarakatan Kelas IIB Amuntai, Kanwil Kemenkumham Kalsel, melakukan razia kamar hunian warga binaan pemasyarakatan (WBP). Kali ini menyasar 2 kamar hunian. Kegiatan langsung dipimpin oleh Kepala Kesatuan Pengamanan Lapas (Ka.KPLP) dan KasiminKamtib dibantu staf KPLP serta regu pengamanan yang bertugas. Minggu (18/6/2023)

Sebelum melaksanakan razia kamar hunian, Kasiminkamtib memberikan arahan kepada petugas untuk tetap melaksanakan kegiatan dengan humanis kepada warga binaan agar tetap kondusif tidak terjadi gangguan kamtib. Beliau juga menekankan dalam razia kali ini untuk deteksi dini gangguan keamanan barang-barang yang dilarang masuk lapas kamar hunian WBP.

Kegiatan mulai dilaksanakan pada pukul 09.00 WITA sampai dengan selesai.  WBP yang sebelumnya berada di dalam kamar-kamar, secara bergantian diminta untuk keluar kamar. Beberapa petugas juga melakukan pemeriksaan terhadap badan dan pakaian yang dikenakan. Sasaran razia untuk mencari benda-benda terlarang yang tidak boleh berada di dalam blok dan kamar hunian seperti sajam, handphone, serta benda-benda yang dicurigai dapat disalahgunakan.

Dari hasil razia yang dilaksanakan tidak ditemukan benda-benda yang dapat menganggu keamanan.

Ka.KPLP menjelaskan bahwa penggeledahan ini berjalan dengan aman dan tertib, dan rutinitas razia kamar hunian WBP, pihaknya lebih banyak melakukan tindakan pemeriksaan dadakan atau insidentil. Kegiatan itu dilakukan baik secara rutin maupun insidentil, guna mencegah masuknya barang barang terlarang dan untuk menciptakan kondisi aman dan tertib serta  menghimbau WBP agar menjaga kebersihan kamar hunian agar tetap bersih untuk ditempati.

0 Komentar