Search

Lapas Amuntai Melakukan Penyembelihan Hewan Qurban dalam Perayaan Idul Adha

 Lapas Amuntai Melakukan Penyembelihan Hewan Qurban dalam Perayaan Idul Adha


Amuntai, Humas_Info - Lembaga Pemasyarakatan Kelas IIB Amuntai turut serta memeriahkan hari raya Idul Adha 1444H. Kegiatan diawali dengan sholat ied yang bertempat di lapangan lembaga pemasyarakatan kelas IIB Amuntai.(29/06/2023)

Kegiatan sholat tersebut diikuti oleh seluruh pegawai beserta narapidana. Kemudian dilanjutkan dengan ceramah dari Ustad Abdul Halim selaku khatib dan imam. Beliau berpesan agar perayaan Idul Adha ini dijadikan ibadah untuk pemacu meningkatkan iman dan taqwa, khususnya yang melaksanakan Qurban.

Kalapas juga mengingatkan kepada seluruh jamaah sholat Ied yang hadir bahwa pada Hari Raya Idul Adha tidak ada pemotongan remisi yang ada hanya pemotongan hewan kurban. Sontak seluruh jamaah yang hadir terbawa suasana yang sangat indah dan ceria. Selepas Khatib membacakan khotbah, kegiatan Sholat Ied di tutup dengan doa bersama untuk keselamatan seluruh umat yang ada.

Setelah itu Lapas  Amuntai melanjutkan kegiatan dengan melaksanakan penyembelihan hewan qurban. Kegiatan ini dilakukan sebagai bagian dari tradisi keagamaan dalam perayaan Idul Adha, di mana umat Muslim memperingati pengorbanan Nabi Ibrahim AS.

Dalam rangka memfasilitasi pelaksanaan qurban, Lapas Amuntai telah melakukan persiapan matang. Sejumlah hewan qurban, seperti kambing dan sapi, telah disiapkan

Pada pagi hari Idul Adha, suasana di Lapas Amuntai dipenuhi oleh semangat keagamaan. Para narapidana dan petugas Lapas berkumpul di area yang telah ditentukan untuk melaksanakan prosesi penyembelihan hewan qurban.

Setelah penyembelihan, daging qurban kemudian dibagi-bagikan kepada narapidana, staf Lapas, dan juga disumbangkan kepada masyarakat sekitar yang membutuhkan. Proses pembagian daging dilakukan dengan adil dan merata, sesuai dengan prinsip keadilan sosial.

Kepala Lapas Amuntai, Bapak Jupri, menyampaikan apresiasinya atas partisipasi dan semangat semua pihak yang terlibat dalam kegiatan ini. Ia mengungkapkan pentingnya menghidupkan nilai-nilai keagamaan dan semangat berbagi dalam menjalin harmoni dan kebersamaan di lingkungan Lapas Amuntai. 

Dalam kesempatan ini, Bapak Jupri juga mengingatkan para narapidana dan petugas Lapas Amuntai untuk tetap menjunjung tinggi nilai-nilai keadilan, etika, dan tanggung jawab dalam menjalani kehidupan di dalam maupun di luar Lapas.


(Humas Lapas Amuntai)

0 Komentar