Search

Terima Audiensi HMI Kota Palu, Kakanwil Kemenkumham Sulteng Pastikan Netralitis Perlindungan & Penegakan Hukum atas pelanggaran HAM di Sulteng

Terima Audiensi HMI Kota Palu, Kakanwil Kemenkumham Sulteng Pastikan Netralitis Perlindungan & Penegakan Hukum atas pelanggaran HAM di Sulteng

PALU_Terima kunjungan audiensi dari Himpunan Mahasiswa Islam (HMI) Kota Palu, Kepala Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia Sulawesi Tengah (Kakanwil Kemenkumham Sulteng) Budi Argap Situngkir pastikan netralitas perlindungan dan penegakan hukum atas pelanggaran Hak Asasi Manusia (HAM) di Sulawesi Tengah, Rabu, (2/8) pagi.

“Kami sangat senang atas audiensi ini, ini menandakan bahwa tugas kami terkait pemajuan HAM disini mendapat dukungan dari masyarakat dan aliansi mahasiswa, kami sangat tegas terhadap penegakan hukum atas pelanggaran HAM, dari tindak perlindungan anak, perempuan bahkan terkait pengelolaan sumber daya alam yang menjadi atensi kita sekarang, kami Kumham akan intens menjembatani kasus-kasus pelanggaran HAM bersama para aparat penegakan hukum lainnya,” ungkap Kakanwil.

Lebih lanjut, dengan didampingi Kepala Divisi Administrasi Raymond JH. Takasenseran, Kepala Divisi Pemasyarakatan Ricky Dwi Biantoro, Kepala Divisi Keimigrasian Syamsul Efendi Sitorus, Kepala Subbidang Pengkajian, Penelitian, Dan Pengembangan Hukum dan Ham Fitriana Anas beserta staf dan para perancang peraturan perundang-undangan, Kakanwil yang menyambut langsung perwakilan HMI Kota Palu Salahuddin juga memastikan seluruh produk hukum yang dirancang oleh pihaknya pun akan memberikan keadilan dan mementingkan seluruh masyarakat.

“Jadi sengaja kami menghadirkan para perancang peraturan daerah disini, agar memastikan bahwa seluruh produk yang kami hasilkan semuanya mementingkan kepentingan terbaik untuk masyarakat, kita mau semuanya berjalan aman dan damai,” tambahnya.

Sementara itu, Salahuddin yang juga Ketua Bidang Hukum dan HAM mengapresiasi atas sambutan hangat yang diberikannya, persamaan persepsi pun terjalin dengan baik, ia berharap agar apa yang komitmen bersama tersebut dapat ditingkatkan dengan pelaksanaan kegiatan dialog kebangsaan terkait aktualisasi HAM dan SDA dalam permasalahan eksploitasi dan eskplorasi pertambangan.

“Sangat bangga, bahwa kita bisa berkomitmen bersama, kami berharap agar bisa lebih ditingkatkan dengan melakukan dialog terkait penegakan HAM dan SDA di Kota Palu ini, dengan itu apa yang menjadi harapan kita bersama dapat terpenuhi dengan baik,” imbuhnya.

Diakhir kegiatan, Kakanwil pun bertekad akan mendukung penuh segala program yang berkaitan erat dengan penegakan hukum dan ham yang dilakukan oleh para aliansi kemahasiswaan.

“Pastinya kami akan mendukung penuh apa yang menjadi program dari seluruh rekan-rekan mahasiswa, kita berjalan bergandengan,” pungkasnya di Aula Kebangsaan.


Humas Kanwil Kemenkumham Sulteng

0 Komentar