Search

Peringati Hari HAM Ke-75, Kanwil Kemenkumham Sulteng Beri Penghargaan Peduli Ham Kepada 6 Kab/Kota di Sulteng

NewsIndonesia - Memperingati hari Hak Asasi Manusia (HAM) sedunia ke-75 tahun 2023, Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia Sulawesi Tengah (Kanwil Kemenkumham Sulteng) beri penghargaan predikat peduli HAM kepada enak Kabupaten/Kota di Sulawesi Tengah, Senin, (11/12/2023) pagi.

Penghargaan tersebut diserahkan secara langsung oleh Wakil Gubernur Sulteng, H. Ma’mun Amir bersama Kepala Kantor Wilayah (Kakanwil) Kemenkumham Sulteng, Hermansyah Siregar serta Ketua Komisi Nasional HAM (Komnas HAM) Sulteng, Dedy Askari dan perwakilan Ombudsman Sulteng saat pelaksanaan peringatan Hari HAM Sedunia ke-75 di Aula Polibu Kantor Gubernur.

Adapun enam Kabupaten/Kota tersebut diantaranya Kota Palu, Kabupaten Banggai, Kabupaten Morowali, Kabupaten Tojo Una-Una, Kabupaten Poso dan Kabupaten Donggala. Keenam daerah tersebut sukses meraih predikat Kab/Kota Peduli HAM tahun 2023 oleh Direktorat Jenderal Ham (DJHAM) Kemenkumham Republik Indonesia.

“Selamat dan apresiasi setinggi-tingginya kami sampaikan kepada seluruh daerah yang mendapat predikat peduli HAM, adapun hal-hal yang masih kurang mesti kita benahi bersama, komitmen untuk melakukan perubahan mesti dilakukan bersama-sama,” ucap Kakanwil Hermansyah.
Dirinya pun berharap agar Kab/Kota lainnya dapat meningkatkan program maupun pelaksanaan program pemajuan HAM guna mendukung terpenuhinya Kriteria Kabupaten/Kota Peduli Ham (KKPHM) yang memiliki 10 aspek pemenuhan hak dan 120 indikator penilaian yang menggambarkan 10 aspek pelaksanaan KKPHAM.

“Ada 10 Hak dan 120 Indikator dari penilaian wilayah Peduli Ham, hal ini yang terus kita dorong agar seluruh daerah dapat memaksimalkannya, semoga saja bisa mencakupi semuanya,” tambahnya.

Bersyukur atas raihan tersebut, H. Ma’mun Amir pun meminta agar seluruh Walikota dan Bupati di Sulawesi Tengah dapat terus bersinergi bersama Kanwil Kemenkumham Sulteng dalam mendukung program nasional pemajuan HAM, ia menargetkan seluruh wilayah dapat meraih predikat peduli HAM di tahun depan.

“Tentunya kita mau memberikan yang terbaik untuk bangsa ini, memberikan pelayanan dan inovasi yang terbaik, khususnya dalam kemajuan HAM, saya harap agar seluruh pimpinan di daerah dapat bersinergi bersama Kemenkumham Sulteng, pastikan tahun depan daerah kita dapat meraih penghargaan peduli HAM, ini sangat penting,” pungkasnya.

- Kanwil Kemenkumham Sulteng

0 Komentar