Search

Jelang Pemilu 2024, Ratusan Warga Binaan Lapas Amuntai Ikuti Sosialisasi dari KPU dan Kejaksaan Kabupaten Hulu Sungai Utara

NewsIndonesia - Lembaga Pemasyarakatan Kelas IIB Amuntai hari ini kedatangan tim dari Komisi Pemilihan Umum (KPU) dan Kejaksaan Kabupaten Hulu Sungai Utara. Kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman dan partisipasi warga binaan dalam Pemilu 2024, Jum'at (19/01).

Berlangsung di lapangan tengah Lapas Amuntai, kegiatan tersebut diikuti oleh seluruh Warga Binaan serta dihadiri langsung oleh Kepala Lapas Amuntai, Jupri. Pihak KPU dan Pihak Kejaksaan Hulu Sungai Utara.

Sebelum dimulai, Kepala Lapas Amuntai dalam sambutannya menyampaikan terima kasih atas kesediaan pihak KPU melakukan sosialiasi tahapan Pemilu terhadap Warga Binaannya. Menurutnya, sosialisasi dapat memberikan edukasi kepada Warga Binaan mengenai mekanisme dan prosedur Pemilu sehingga pada saat pelaksanaannya nanti, hak pilih mereka dapat tersalurkan dengan baik.

Selanjutnya, dalam kesempatan ini KPU membuka dengan resmi kegiatan sosialisasi tahapan pemilu. Berlangsung selama kurang lebih satu jam, Warga Binaan disosialisasikan mengenai tahapan-tahapan penyelenggaraan Pemilu berdasarkan Undang-undang Nomor 7 Tahun 2017.

Tak hanya itu, Warga Binaan juga dijelaskan persyaratan data pemilih, jenis-jenis surat suara dan perkenalan masing-masing calon legislatif maupun calon presiden dan wakil presiden yang akan berlaga pada Pemilu 2024.

“Jadi kami dari pihak KPU menggelar sosialisasi ini agar mereka tahu seputar Kepemiluan. Mungkin beberapa diantara Warga Binaan ada yang masih awam dengan Pemilu terlebih mereka juga memilki akses informasi yang terbatas selama berada di Lapas. Kami hanya menginginkan pada saat Pemilu Warga Binaan tidak salah dalam menentukan pilihannya karena satu suara saja sangat berpengaruh untuk menentukan arah pemerintahan di masa depan,” tutur KPU.

- Lapas Amuntai

0 Komentar