Search

Bapas Amuntai Rapat Internal Bahas Optimalisasi Pembimbingan Melalui Home Visite

NewsIndonesia - Balai Pemasyarakatan (Bapas) Kelas II Amuntai menggelar rapat internal dengan jajaran Pejabat Struktural,Pembimbing Kemasyarakatan dan Jabatan Fungsional Umum  untuk membahas optimalisasi kegiatan pembimbingan dan pengawasan klien pemasyarakatan melalui home visite, Kamis, (14/3). Rapat yang berlangsung di ruang Kepala Bapas Amuntai ini bertujuan untuk meningkatkan efektivitas pembimbingan dan pengawasan bagi klien pemasyarakatan.

Pelaksana Kepala Bapas Amuntai, Eri Triyanto, membuka rapat dengan menekankan pentingnya penerapan home visite dalam pembimbingan klien pemasyarakatan. "Home visite merupakan langkah  yang harus kita terapkan secara maksimal. Dengan home visite, kita dapat lebih dekat dengan klien merupakan sarana konsultasi mendengar keluh kesahnya untuk bersama-sama mencari jalan pemecahannya serta melakukan pemetaan terkait berbagai kendala yang dialami klien selama masa bimbingan, dan memberikan pembimbingan yang lebih personal sesuai dengan kebutuhan mereka," ujarnya.

Dalam rapat tersebut, jajaran pimpinan dan staf Bapas Amuntai secara bersama-sama menyusun strategi untuk meningkatkan frekuensi dan kualitas kegiatan home visite. Beberapa langkah konkret juga dibahas, seperti peningkatan pelatihan bagi Pembimbing Kemasyarakatan, peningkatan koordinasi dengan instansi terkait, dan penggunaan teknologi digital untuk memantau dan mendokumentasikan kegiatan home visite.

Rapat ini juga menjadi ajang untuk mendengarkan masukan dan saran dari para Pembimbing Kemasyarakatan yang telah melakukan home visite. Pengalaman dan tantangan yang mereka hadapi di lapangan menjadi bahan evaluasi untuk terus meningkatkan kualitas layanan pembimbimbingan.

Eri Triyanto menegaskan bahwa rapat ini merupakan langkah awal dalam upaya meningkatkan efektivitas pembinaan klien pemasyarakatan. "Kita harus terus berinovasi dan beradaptasi dengan kondisi untuk memberikan layanan yang terbaik bagi klien kita," tutupnya.

- Bapas Amuntai

0 Komentar