Search

Menyambut Bulan Suci Ramadan 1445 H, Tim Satops Patnal Kemenkumham Kalsel Gelar Razia di Rutan Pelaihari

NewsIndonesia - Tim Satuan Operasional Kepatuhan Internal Pemasyarakatan (Satops Patnal) Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia Kalimantan Selatan menggelar razia di Rutan Kelas IIB Pelaihari pada Kamis malam (7/3/24). Razia ini dipimpin langsung oleh Kepala Divisi Pemasyarakatan Kemenkumham Kalsel, Said Mahdar, bersama anggota Satops Patnal Pemasyarakatan se-Banjar Raya.

Petugas gabungan dari Kodim 1009 Tanah Laut, Polres Tanah Laut, dan BNN Kabupaten Tanah Laut turut membantu dalam razia ini. Petugas memeriksa 3 blok di Rutan, yaitu Blok A, B, C, dan D yang terdiri dari 16 kamar.

Hasil razia menunjukkan beberapa barang temuan, seperti radio, cermin kecil, benang, alat cukur kumis, besi penyangga obat nyamuk, dan lain sebagainya. Barang-barang tersebut masih dalam batas toleransi dan tidak termasuk barang terlarang.

Kepala Divisi Pemasyarakatan Kemenkumham Kalsel, Said Mahdar, mengapresiasi Rutan Kelas IIB Pelaihari karena tidak ditemukan barang-barang berbahaya dalam razia tersebut. Hal ini menunjukkan bahwa Rutan Pelaihari telah melaksanakan instruksi Direktorat Jenderal Pemasyarakatan terkait deteksi dini gangguan keamanan dan ketertiban (kamtib) dan pemberantasan narkoba di dalam rutan.

"Hasil tes urine yang dilakukan seluruh pegawai Rutan Pelaihari dan secara acak kepada warga binaan juga menunjukkan hasil negatif. Ini menunjukkan bahwa rutan ini benar-benar melaksanakan instruksi. Kita harap ke depan bisa lebih baik lagi," ujar Said Mahdar.

Kepala Rutan Kelas IIB Pelaihari, Fani Andika, mengatakan bahwa razia ini merupakan upaya untuk menjaga kamtib dan memberantas narkoba di lingkungan Rutan.

"Kami berkomitmen untuk menciptakan rutan yang bersih dan bebas dari narkoba. Kami akan terus melakukan razia secara rutin dan meningkatkan pengawasan terhadap warga binaan," ujar Fani Andika.

Fani Andika juga mengapresiasi kerja sama dari aparat penegak hukum lainnya dalam razia ini.

"Terima kasih kepada Kodim 1009 Tanah Laut, Polres Tanah Laut, dan BNN Kabupaten Tanah Laut yang telah membantu dalam razia ini. Sinergi ini sangat penting dalam menjaga kamtib di lingkungan Rutan," ujar Fani Andika.

- Rutan Pelaihari

0 Komentar