Search

Rutan Pelaihari Perkuat Pengamanan Jelang Ramadhan dan Idul Fitri

NewsIndonesia - Rumah Tahanan Negara Kelas IIB Pelaihari menggelar apel pagi dengan fokus pada peningkatan kewaspadaan selama bulan suci Ramadhan dan Idul Fitri 1445 H/2024 M. Apel yang dipimpin langsung oleh Kepala Rutan Pelaihari, Fani Andika, ini diikuti oleh seluruh pegawai dan petugas jaga, Selasa (05/03/2024).

Dalam arahannya, Fani menekankan pentingnya peningkatan kewaspadaan dan sinergitas antar petugas dalam menjaga keamanan dan ketertiban selama bulan Ramadhan dan Idul Fitri. Hal ini sejalan dengan instruksi dari Direktorat Jenderal Pemasyarakatan (Ditjenpas) Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kemenkumham) Republik Indonesia.

"Beberapa langkah strategis akan kita laksanakan, di antaranya memperkuat regu pengamanan dengan menambah petugas dari unsur staf, mengatur pelaksanaan salat tarawih dan tadarus secara bergantian, serta melibatkan petugas dalam seluruh kegiatan amaliah Ramadhan," jelas Fani.

Fani juga menekankan pentingnya pembentukan panitia/tim dalam pelaksanaan kegiatan pengamanan selama Ramadhan, malam takbiran, salat Idul Fitri, dan kunjungan keluarga pada hari raya. Sosialiasi tata cara pengiriman makanan dan kunjungan kepada keluarga WBP juga akan dilakukan untuk memastikan kelancaran dan keamanan.

"Optimalisasi Satuan Operasional Kepatuhan Internal Pemasyarakatan Rutan Pelaihari juga akan dilakukan untuk memastikan seluruh petugas melaksanakan peningkatan kewaspadaan tersebut," tegas Fani.

Selain itu, Rutan Pelaihari akan melakukan deteksi dini terhadap potensi kerawanan gangguan keamanan dan ketertiban, terutama dalam upaya pencegahan masuknya barang terlarang lainnya. 

"Koordinasi dengan Polri dan TNI juga akan terus diperkuat untuk membantu pelaksanaan kegiatan pengamanan selama bulan suci Ramadhan dan Hari Raya Idul Fitri 1445 H/2024 M," tutupnya.

- Rutan Pelaihari

0 Komentar