Search

Wujudkan Kesehatan Fisik Warga Binaan, Lapas Kalabahi Gelar Senam Sehat

NewsIndonesia - Wujudkan kesehatan fisik  warga binaan, Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas IIB Kalabahi  gelar program senam sehat di halaman gereja Zoar Lapas Kalabahi yang diikuti oleh seluruh warga binaan, Sabtu (16/03).

Senam sehat tersebut dilaksanakan tepat pukul 09.00 WITA. Sebelum melaksankaan senam sehat, Kepala Lembaga Pemasyarakatan (Kalapas) Kalabahi, Yusup Gunawan, memberikan arahan yang memotivasi kepada para warga binaan tentang pentingnya menjaga kebugaran tubuh.

"Senam sehat bukan hanya tentang menjaga tubuh agar tetap bugar, tetapi juga memberikan keuntungan bagi kesehatan mental dan emosional kita. Ini adalah salah satu cara bagi kita untuk menjaga semangat dan keseimbangan selama menjalani pembinaan di dalam lapas," ujar Yusup.

Para warga binaan bersemangat mengikuti gerakan-gerakan senam yang dipandu oleh seorang instruktur secara daring. Dengan musik yang enerjik memeriahkan suasana, warga binaan bergerak dengan lincah, menyatu dalam rangkaian gerakan yang dirancang untuk meningkatkan kebugaran tubuh.

Tak hanya sekadar menggerakkan tubuh, senam sehat ini juga menjadi momen untuk mempererat kebersamaan antara warga binaan serta menghilangkan stres dan kejenuhan. Mereka berbagi tawa dan semangat, menunjukkan bahwa meskipun berada di dalam pembatasan, semangat untuk hidup sehat dan bersemangat tetap menggelora.

Lebih lanjut, Yusup juga menyampaikan bahwa kegiatan senam sehat ini akan dilaksanakan secara konsisten dan diikuti oleh seluruh warga binaan. “Kita berupaya agar program senam sehat ini akan dilaksanakan secara konsisten demi mewujudkan warga binaan yang sehat di dalam Lapas,” tambahnya.

Kegiatan ini juga menjadi perhatian Kepala Kantor Wilayah (Kakanwil) Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kemenkumham) Nusa Tenggara Timur (NTT), Marciana D. Jone. Dalam banyak kesempatan, Marciana selalu mengingatkan seluruh Unit Pelaksana Teknis (UPT) Pemasyarakatan untuk selalu melakukan kegiatan positif bersama warga binaan.

Kegiatan senam sehat di halaman gereja Zoar ini bukan hanya sekadar rutinitas biasa, tetapi juga menjadi wujud nyata dari upaya Lapas Kalabahi dalam memberikan pembinaan yang holistik bagi para warga binaannya. Dengan menjaga kesehatan fisik dan mental, diharapkan warga binaan akan mampu mempersiapkan diri untuk kembali ke masyarakat dengan kondisi prima.

- Lapas Kalabahi

0 Komentar