Search

H+1 & H+2 Lebaran 2024, Ribuan Pengunjung Warga Binaan Membeludak di Lapas Banjarbaru

NewsIndonesia - Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas IIB Banjarbaru kembali membuka Layanan Kunjungan pada hari kedua dan hari ketiga lebaran tahun 2024. Alhasil, hingga Jumat (12/4), tercatat ribuan pengunjung membeludak hanya untuk ingin bertemu dengan Warga Binaan Lapas Banjarbaru.

Kepala Lapas Banjarbaru, I Wayan Nurasta Wibawa mengungkapkan bahwa terjadi lonjakan jumlah pengunjung yang sangat signifikan daripada hari pertama lebaran. "Pengunjung hari kedua (Kamis) mencapai 1.091 orang, sedangkan hari ketiga (Jumat) 1.006 orang. Jumlah ini lebih banyak dibandingkan pengunjung pada hari pertama lebaran," ungkapnya.

"Total pengujung dari hari pertama hingga hari ketiga lebaran yaitu sebanyak 3.100 orang. Kita tidak membatasi jumlah anggota keluarga yang berkunjung, namun durasi kunjungan 30 menit guna mengontrol dan mengurangi kepadatan pengunjung," sambung Wayan.

Dijelaskan Wayan, tak hanya layanan kunjungan tatap muka, kunjungan online juga tetap dibuka bagi warga binaan yang ingin menghubungi keluarganya. "Kami juga membuka layanan video call secara gratis bagi warga binaan. Layanan ini sebagai obat rindu warga binaan dengan keluarganya yang belum sempat mengunjungi mereka," ujarnya. 

Meski pengunjung membeludak, Wayan mengatakan Lapas Banjarbaru telah mengantisipasi kunjungan agar berjalan aman, tertib, dan kondusif dengan menjalin sinergitas bersama Koramil 1006-07 Banjarbaru dan Polsek Banjarbaru Timur .

"Kunjungan lebaran ini kita bagi dalam dua sesi perharinya, yakni sesi 1 pukul 08.00-11.30 WITA dan sesi 2 pukul 13.00-16.30 WITA. Kami ucapkan terimakasih atas kedatangannya dan mohon maaf apabila terdapat kekurangan dalam pelayanan kami," kata Wayan.

Wayan berharap setelah bertemu dengan keluarganya, warga binaan mendapat energi positif untuk memperbaiki diri menjadi pribadi yang lebih baik dari sebelumnya dan berperan aktif secara terus menerus mengikuti seluruh program pembinaan Lapas agar cepat bebas dan berkumpul dengan keluarga dirumah.

"Kami juga berharap keluarga yang datang berkunjung dapat memberikan dukungan penuh kepada warga binaan agar terus semangat dalam menjalani masa pidananya. Kami sangat yakin hal ini memberikan dampak positif bagi proses rehabilitasi dan reintegrasi sosial warga binaan untuk siap kembali ke bermasyarakat," pungkas Wayan.

Salah seorang Ayah dari warga binaan, Baderi, mengaku sangat senang atas pelayanan yang diberikan mulai dari  pendaftaran hingga dipertemukan dengan anaknya. “Saya sangat berterima kasih atas pelayanan ramah yang diberikan petugas. Jujur, jarak yang saya tempuh memakan waktu 6 jam, namun adanya pelayanan sangat baik rasa lelah saya terbayarkan hingga dapat bertemu dengan anak saya di hari kemenangan ini,” tuturnya.

Sementara itu, salah satu warga binaan yaitu Badali, merasa sangat bahagia akhirnya dapat bertemu dengan Ayahnya setelah sekian lama terpisah karena jarak yang jauh. "Terimakasih banyak pak sudah mempertemukan dengan Ayah saya di hari lebaran ini. Semoga kebaikan bapak dan ibu semua mendapat berkah yang melimpah dari Allah SWT," ucapnya.

- Lapas Banjarbaru

0 Komentar