Search

Lapas Narkotika Nusakambangan Ikuti Upacara Peringatan Hari Bakti Pemasyarakatan ke 60

NewsIndonesia - Lapas Narkotika Kelas IIA Nusakambangan mengikuti Upacara Peringatan Hari Bakti Pemasyarakatan (HBP) ke-60 dengan mengusung tema “Pemasyarakatan PASTI Berdampak” yang bertempat di Dermaga Sodong Nusakambangan dengan Inspektur Upacara Kalapas Kelas IIB Nirbaya (Halasson Sinaga).

Dalam amanatnya, beliau membacakan sambutan Menteri Hukum dan HAM Yasonna H Laoly yang menyampaikan perjalanan panjang Pemasyarakatan selama 60 tahun harus memastikan kehadirannya sebagai bagian subsistem peradilan pidana yang mengawal dari tahap pra-ajudikasi, ajudikasi, sampai dengan pasca ajudikasi.

“Peringatan Hari Bakti Pemasyarakatan Kementerian Hukum dan HAM RI ke 60 dengan tema Pemasyarakatan PASTI Berdampak bukanlah kegiatan seremonial semata, tapi ini adalah bentuk komitmen kita untuk menjawab berbagai tantangan ke depan, selaras dengan arah dan tujuan Undang-Undang Nomor 22 Tahun 2022 tentang Pemasyarakatan dan Undang-Undang Nomor 1 Tahun 2003 tentang Kitab Undang-Undang Hukum Pidana,” ujar Halasson.

Melalui undang-undang tersebut, ia berpesan jajarannya harus siap dengan berbagai perubahan paradigma pembinaan dan mengambil bagian untuk mentransisikan ini. Karena, pemidanaan ke depan bukan hanya mampu memberikan penyelesaian secara berkeadilan namun juga memulihkan.

“Pemasyarakatan telah memiliki peran yang sentral dalam upaya penjaminan hak pada mereka yang dikenakan upaya paksa, pembinaan bagi pelanggar hukum dan secara signifikan terlibat dalam upaya memberikan perlindungan kepada masyarakat dari pengulangan tindak pidana,” katanya.

Dalam upaya memperkecil resiko terhadap peran besar Pemasyarakatan, ia menekankan untuk melaksanakan deteksi dini pada semua aspek dan semua lini. Selain itu juga bersinergi dengan stakeholder terkait dan ambil tindakan tegas secara terukur serta segera mungkin untuk mengantisipasi atau meminimalisir hal-hal yang berpotensi menjadi hambatan dalam pelaksanaan tugas.

Sebagai penutup ia menyampaikan apresiasi kepada seluruh elemen masyarakat beserta instansi terkait yang telah mendukung pelaksanaan tugas Pemasyarakatan. 

Kegiatan kemudian dilanjutkan dengan penyerahan penghargaan Pegawai Teladan dari masing-masing UPT oleh Kepala Koordinator Wilayah Nusakambangan (Mardi Santoso).

- Lapas Narkotika Nusakambangan

0 Komentar