Search

Rutan Pelaihari Gelar Penyuluhan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat untuk Warga Binaan

NewsIndonesia - Dalam rangka memperingati Hari Bakti Pemasyarakatan ke-60, Rutan Kelas IIB Pelaihari menyelenggarakan kegiatan pemasyarakatan sehat berupa penyuluhan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) bagi warga binaan di Aula Pengayoman Rutan Pelaihari, Rabu  (17/4/2024)

Kepala Rutan Pelaihari, Fani Andika, dalam sambutannya menyampaikan bahwa kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan dan kesadaran para warga binaan tentang pentingnya menjaga kesehatan dan menerapkan perilaku hidup bersih dan sehat.

"Diharapkan dengan mengikuti penyuluhan ini, para warga binaan dapat menerapkan perilaku hidup bersih dan sehat dalam kehidupan sehari-hari, baik di dalam rutan maupun setelah kembali ke masyarakat," ujar Fani Andika.

Penyuluhan PHBS ini menghadirkan narasumber dari Dinas Kesehatan Kabupaten Tanah Laut, yaitu Ady Tasada Kesuma Tahji, S.Gz selaku Sub Koordinator Promosi dan Pemberdayaan Masyarakat. Dalam materinya, Ady menjelaskan tentang pentingnya menjaga kebersihan diri, lingkungan, dan makanan, serta menerapkan pola hidup sehat.

Kabid Kesehatan Masyarakat Dinas Kesehatan Kabupaten Tanah Laut, Indra Wahyudi, SKM, M.Kes dalam kesempatan ini menyampaikan bahwa PHBS merupakan salah satu upaya untuk meningkatkan derajat kesehatan masyarakat, termasuk di lingkungan rutan.

"Supaya yang ikut PHBS ini bisa menerapkan perilaku hidup bersih dan sehat dalam keterbatasan di dalam rutan dan bisa dibawa ke masyarakat nantinya," kata Indra Wahyudi.

Kegiatan penyuluhan PHBS ini diikuti dengan antusias oleh 50 warga binaan. Diharapkan dengan kegiatan penyuluhan ini, para warga binaan dapat memahami pentingnya menjaga kesehatan dan menerapkan perilaku hidup bersih dan sehat, sehingga dapat meningkatkan kualitas hidup mereka di dalam rutan dan setelah kembali ke masyarakat.

- Rutan Pelaihari

0 Komentar