Search

Rutan Pelaihari Ikuti Puncak Hari Bakti Pemasyarakatan Ke-60 dengan Upacara dan Halal Bihalal

NewsIndonesia - Dalam rangka memperingati Hari Bakti Pemasyarakatan ke-60, Rutan Kelas IIB Pelaihari bersama jajaran Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Kalimantan Selatan beserta seluruh jajaran UPT Pemasyarakatan di wilayah Banjar Raya mengadakan Upacara Peringatan Hari Bakti Pemasyarakatan ke-60 di Lapas Kelas IIB Banjarbaru pada hari Sabtu, 27 April 2024, pukul 08.00 WITA. Upacara dipimpin langsung oleh Kepala Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Kalimantan Selatan, Taufiqurrakhman, S.Sos., S.H., M.Si., dan bertindak sebagai Komandan Upacara Kepala Rutan Kelas IIB Pelaihari, Fani Andika.

Dalam sambutannya, Taufiqurrakhman menyampaikan amanat dari Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia Republik Indonesia, yang menekankan pentingnya peran Pemasyarakatan dalam upaya penjaminan hak bagi para pelanggar hukum, pembinaan untuk mencegah pengulangan tindak pidana, serta kontribusi dalam pembangunan bangsa. Beliau juga menyampaikan penghargaan kepada seluruh elemen masyarakat dan instansi terkait yang telah mendukung pelaksanaan tugas Pemasyarakatan.

Upacara berlangsung khidmat dan diikuti oleh seluruh jajaran UPT Pemasyarakatan di wilayah Banjar Raya, termasuk Kepala Divisi Keimigrasian, Junita Sitorus; Kepala Divisi Pemasyarakatan, Said Mahdar; Kepala Divisi Pelayanan Hukum dan HAM, Ramlan Harun; dan Kepala Divisi Administrasi, Candra Friandi Achmad.

Setelah upacara selesai, dilanjutkan dengan kegiatan halal bihalal dan pemotongan tumpeng sebagai tanda syukur. Acara ini menjadi momen untuk mempererat silaturahmi dan meningkatkan soliditas antar pegawai Rutan Kelas IIB Pelaihari dan UPT Pemasyarakatan lainnya dalam mewujudkan Pemasyarakatan yang maju dan berbudaya.

Fani Andika, Kepala Rutan Kelas IIB Pelaihari, menyampaikan harapannya agar momentum Hari Bakti Pemasyarakatan ini dapat menjadi pengingat bagi seluruh jajarannya untuk terus meningkatkan kinerja dan dedikasi dalam menjalankan tugas dan tanggung jawabnya. "Mari kita jadikan Hari Bakti Pemasyarakatan ini sebagai momentum untuk terus berbenah dan meningkatkan kualitas pelayanan kepada masyarakat," ujar Fani Andika.

Rutan Kelas IIB Pelaihari tak hanya mengikuti upacara dan halal bihalal, tetapi juga menerima piagam penghargaan atas capaian kinerja dalam pelaksanaan sarana asimilasi dan edukasi (SAE) bagi warga binaan pemasyarakatan serta sinergitas dengan stakeholders terkait. 

Pencapaian ini merupakan hasil dari komitmen dan kerja keras seluruh jajaran Rutan Pelaihari dalam mewujudkan pembinaan WBP yang efektif dan berkualitas. SAE Rutan Pelaihari telah menjadi contoh nyata dalam memberikan bekal keterampilan dan pengetahuan bagi WBP, sehingga mereka dapat kembali ke masyarakat dengan bekal yang memadai dan siap untuk hidup mandiri.

- Rutan Pelaihari

0 Komentar