Search

Sinergi untuk Perbatasan, Kakanim Tahuna Hadiri Rapat Koordinasi Pelaksanaan Fasilitasi Pengawasan, Pemeliharaan dan Pengamanan Batas Wilayah Negara

NewsIndonesia – Kepala Kantor Imigrasi Kelas II TPI Tahuna Kanwil Kemenkumham Sulut, Novly T. N. Momongan didampingi Kepala Seksi Lalintalkim, Rudie C. Ticoalu dan Pemeriksa Keimigrasian Pemula, Berkah Widhiyanto hadiri Rapat Koordinasi Pelaksanaan Fasilitasi Pengawasan, Pemeliharaan dan Pengamanan Batas Wilayah Negara, Kamis (25/4).

Rakor yang berlangsung di Quality Hotel Manado mengangkat pokok bahasan “Pembukaan Kembali Pos Lintas Batas Marore-Batu Ganding Filipina”. 

Kegiatan dibuka secara langsung oleh Kepala Badan Pengelola Perbatasan Daerah Provinsi Sulawesi Utara, Ir. Djemi Gagola, M.Si., M.E. Dalam sambutannya, Kabadan Perbatasan menegaskan bahwa Rapat koordinasi ini dilaksanakan dengan tujuan merumuskan permasalahan serta menemukan titik temu sebagai bahan usulan untuk peningkatkan perekonomian masyarakat di wilayah perbatasan. Disamping itu, Dalam kurun waktu 3 tahun terakhir, banyak sekali pelanggaran yang terjadi di wilayah perbatasan khususnya di Kecamatan Kepulauan Marore, sehingga dibutuhkan sinergitas antara seluruh Stakeholder dalam pelaksanaan pengawasan, pemeliharaan, serta pengamanan batas wilayah Negara.

Turut hadir sebagai Narasumber mewakili Kepala Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Sulawesi Utara, Ronald Lumbuun, yakni Kepala Sub Bidang Informasi Keimigrasian, Jeacky G. Gerung.

Berdasarkan paparan dari narasumber serta diskusi yang telah dilaksanakan, slaah satu poin yang menjadi tujuan utama yakni seluruh peserta bersepakat untuk mengajukan Permohonan terkait Pembukaan  Kembali Pos Lintas Batas Marore-Batu Ganding Filipina guna meminimalisir terjadinya pelanggaran atau tindak pidana yang dapat merugikan masyarakat bahkan negara Indonesia selanjutnya hal ini dapat mempercepat pertumbuhan perekonomian di wilayah perbatasan.

- Kanim Tahuna

0 Komentar