Search

Maksimalkan Penampungan Air Musim Hujan, Warga Binaan Lapas Amuntai Pasang Talang Air di depan Kamar Hunian

NewsIndonesia - Dalam sebuah langkah kreatif dan berkelanjutan, warga binaan Lembaga Pemasyarakatan Kelas IIB Amuntai telah meluncurkan inisiatif untuk membangun talang air guna menampung air hujan selama musim penghujan. Dengan menggunakan bahan-bahan yang tersedia di dalam lembaga pemasyarakatan, para warga binaan telah berhasil merancang dan memasang talang air didepan setiap kamar hunian. Jum'at (24/5).

Menurut Kepala Lapas Amuntai, kegiatan pembuatan talang air ini merupakan bagian dari upaya untuk memperbaiki infrastruktur lapas serta meningkatkan kemandirian warga binaan. "Kami sangat bangga dengan inisiatif para warga binaan untuk membuat talang air ini. Hal ini tidak hanya membantu mengatasi masalah kekurangan air di dalam lapas, tetapi juga menjadi pelajaran berharga tentang tanggung jawab terhadap lingkungan," ujar Kalapas.

Melalui pembuatan talang air ini, warga binaan tidak hanya belajar keterampilan baru, tetapi juga memberikan manfaat konkret bagi keberlanjutan lingkungan serta kesejahteraan bersama di dalam lembaga pemasyarakatan tersebut.
Sehingga ketika hujan turun, air hujan akan langsung menuju ketempat penampungan air yang bisa dimanfaatkan langsung oleh warga binaan.

Pemasangan talang air ini sendiri diawasi oleh regu pengamanan yang sedang bertugas sehingga berjalan lancar, aman, dan tertib.

- Lapas Amuntai