Search

Pembinaan Kerohanian Melalui Ibadah, Karutan : Wujud Tranformasi Positif Warga Binaan

NewsIndonesia – Wujudkan transformasi positif warga binaan, Rumah Tahanan Negara (Rutan) Kelas IIA Palu Kanwil Kementerian Hukum dan HAM Sulawesi Tengah gelar pembinaan kerohanian bagi warga binaan yang beragama Kristen, Selasa (28/5).

Kepala Rutan Palu, Yansen menjelaskan bahwa kegiatan pembinaan ini dilaksanakan bekerja sama dengan Penyuluh Agama Kristen dari Kementarian Agama Kota Palu. “Hal ini merupakan bentuk komitmen kami dalam memberikan pembinaan yang lebih optimal kepada warga binaan,” ujar Yansen.

Yansen menambahkan pihaknya tak henti-hentinya memberikan pembinaan kerohanian kepada warga binaan. Adapun tujuan dari pembinaan ini yaitu untuk menciptakan transformasi positif terhadap warga binaan melalui kegiatan ibadah.

Bertempat di Gereja Oikumene Jemaat Agape Rutan Maesa Palu, warga binaan kristiani mengikuti ibadah yang dipimpin oleh Pendeta Yohanis Wilelipu dengan tema khotbah "Sikap yang teguh dalam proses kehidupan".

Ditempat berbeda, Kepala Kanwil Kemenkumham Sulteng, Hermansyah Siregar menuturkan bahwa pembinaan kerohanian di Lapas/Rutan akan terus menjadi prioritas utama, karena diyakini bahwa setiap individu memiliki potensi untuk berubah kearah yang lebih baik.

“Dengan memberikan ruang bagi warga binaan untuk melaksanakan ibadah sesuai dengan keyakinan agama masing-masing, kami berharap dapat membantu mereka menemukan kedamaian lahir batin dan nantinya dapat berkontribusi secara positif bagi masyarakat,” harap Hermansyah. 

- Rutan Palu