Search

Peringati Hari Kebangkitan Nasional, Lapas Tamako Gelar Upacara Bendera

NewsIndonesia - Dengan mengusung tema “Bangkit Untuk Indonesia Emas" Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas III Tamako Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Sulawesi Utara menggelegar Upacara Bendera Peringatan Hari Kebangkitan Nasional Ke-116 Tahun 2024. Kegiatan upacara yang berlangsung di lapangan upacara Lapas Tamako dengan penuh khidmat dan diikuti oleh seluruh petugas lapas dan perwakilan warga binaan, Senin (20/05/2024). 

Kepala Lapas Tamako, Eduard Kaligis bertindak sebagai inspektur upacara. Dalam amanatnya membacakan sambutan Menteri Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia beliau menyampaikan bahwa Embrio Indonesia lahir dari kemajuan modern dan pencerahan, dari kaum muda berpendidikan yang tidak kehilangan identitas ke-Indonesiaannya. Embrio Indonesia lahir dari keragaman pikiran para “kaum muda” sebagai “embrio bangsa”. Di tangan kaum muda terdidik inilah cita-cita kemerdekaan dan kebebasan dirumuskan dan diperjuangkan. Alam kemerdekaan hanya bisa dicapai jika manusia setara dan bebas. Manusia yang bebas dan setara hanya dimungkinkan jika manusia tersebut terpelajar dan berpendidikan. Dari merekalah semangat kebangkitan nasional lahir.

Diakhir amanatnya beliau mengajak kepada seluruh peserta upacara agar menatap masa depan dengan penuh optimisme, kepercayaan diri, dan keyakinan. Kemajuan telah terpampang di depan mata. Momen ini mesti kita tangkap agar kita langgeng menuju mimpi sebagai bangsa yang maju. Tidak mungkin lagi bagi kita untuk berjalan lamban, karena kita berkejaran dengan waktu. Di titik inilah, seluruh potensi sumber daya alam kita, bonus demografi kita, potensi transformasi digital kita, menjadi modal dasar menuju “Indonesia Emas 2045”.

- Lapas Tamako

0 Komentar