Search

Petugas dan Warga Binaan Rutan Palu Wujudkan Hidup Sehat Melalui Olahraga Bersama

NewsIndonesia - Membangun semangat hidup sehat dan kebersamaan, petugas Rumah Tahanan Negara (Rutan) Kelas IIA Palu menggelar kegiatan Jumat Sehat melalui olahraga bola voli bersama dengan warga binaan, Jumat (17/5).

Kepala Rutan Palu, Yansen menuturkan bahwa giat Jumat Sehat bertujuan tidak hanya untuk meningkatkan kesehatan fisik tetapi juga memupuk hubungan positif antara petugas dan warga binaan yang ada.

"Olahraga bersama ini tidak hanya tentang fisik tetapi juga tentang membangun kebersamaan dan saling percaya antara petugas dan narapidana. Kami berusaha menciptakan lingkungan yang mendukung pembinaan dengan cara yang positif,” ujar Yansen

Senada dengan hal tersebut, Kepala Kanwil Kementerian Hukum dan HAM Sulawesi Tengah, Hermansyah Siregar menjelaskan bahwa seluruh warga binaan berhak untuk mendapatkan perawatan, baik perawatan rohani maupun jasmani.

“Kami terus berupaya menciptakan lingkungan yang tidak hanya fokus pada pembinaan warga binaan secara formal, tetapi juga menggali potensi positif dari interaksi melalui kegiatan bersama antara petugas dan warga binaan,” tutur Hermansyah.

“Olahraga sangat penting untuk menjaga kesehatan fisik, meningkatkan stamina dan daya tahan tubuh serta dapat menunjang kesehatan mental warga binaan,” ujar Kakanwil.

“Kami terus berusaha menciptakan lingkungan yang tidak hanya fokus pada pembinaan narapidana secara formal. Olahraga menjadi alat yang efektif dalam membentuk hubungan positif antara petugas pemasyarakatan dan warga binaan dan membangun semangat hidup sehat didalam lingkungan Lapas/Rutan,” pungkas Hermansyah.

- Rutan Palu