Search

Petugas Lapas Banjarbaru Ikuti Bimbingan Teknis Pengamanan dan Intelijen

NewsIndonesia - Petugas Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas IIB Banjarbaru mengikuti kegiatan bimbingan teknis (bimtek) Pengamanan dan Intelijen yang digelar oleh Divisi Pemasyarakatan Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kemenkumham) Kalimantan Selatan. Kegiatan ini berlangsung di Hotel Jelita Banjarmasin selama tiga hari, mulai tanggal 16 Mei hingga 18 Mei 2024. 

Sebelumnya, kegiatan ini dibuka secara langsung oleh Kepala Divisi Pemasyarakatan (Kadivpas), Said Mahdar. Turut hadir Kepala Lapas (Kalapas) Banjarbaru, I Wayan Nurasta Wibawa dalam pembukaan kegiatan tersebut bersama Kepala Unit Pelaksana Teknis (UPT) Pemasyrakatan se-Banjar Raya.

Kegiatan ini menghadirkan narasumber yang kompeten di bidang pengamanan dan intelijen, diantaranya dari Direktorat Jenderal (Ditjen) Pemasyarakatan, Inspektorat Jenderal (Itjen) Kemenkumham RI, Badan Intelijen Negara (BIN) Daerah Kalimantan Selatan, dan Kepolisian Daerah (Polda) Kalimantan Selatan.

Adapun dua petugas Lapas Banjarbaru yang mengikuti kegiatan yaitu Tri Andi Widiarto selaku Kepala Sub Seksi (Kasubsi) Pelaporan dan Tata Tertib, Alfiannor selaku Jabatan Fungsional Tetap (JFT) Pengaman Pemasyarakatan, dan Trida Setiawan selaku Staf Sub Seksi Keamanan dan Ketertiban (Kamtib).

"Kita mendapat materi yang berkualitas dan juga narasumber yang berpengalaman sehingga pengetahuan dan pengalaman kita dibidang pengamanan dan intelijen semakin kuat dan tentu hal ini penting guna menjalankan tugas di dalam Lapas, jelas Tri.

"Materinya beragam, ada materi Intelijen Pemasyarakatan, Strategi Operasi Intelijen dan Deteksi Dini, materi Kepatuhan Internal, Kode Etik dan Kode Perilaku Pegawai, dan materi Strategi Penindakan dan Penanggulangan Gangguan Kamtib di dalam Lapas," tambah Tri.

Secara terpisah, Kepala Lapas Banjarbaru, I Wayan Nurasta Wibawa, mendukung penuh kegiatan yang digelar sebagai salah satu upaya meningkatkan kualitas keamanan dan ketertiban pada satuan kerja pemasyarakatan di wilayah Kalimantan Selatan. Ia juga menekankan pentingnya penyelenggaraan intelijen di dalam Lapas untuk menangani berbagai potensi gangguan Kamtib.

"Melalui kegiatan bimtek ini, kita berharap para petugas Lapas Banjarbaru dapat meningkatkan kompetensi dalam aspek pengamanan dan intelijen sehingga mereka dapat menjalankan tugas dan fungsi dengan lebih baik dan profesional," ungkap Wayan.

Kegiatan ini diikuti sebanyak 60 orang peserta dari Lembaga Pemasyarakatan (Lapas), Lembaga Pembinaan Khusus Anak (LPKA), Rumah Tahanan Negara (Rutan), Balai Pemasyarakatan (Bapas) dan Rumah Penyimpanan Benda Sitaan Negara (Rupbasan) se-Kalimantan Selatan.

- Lapas Banjarbaru

0 Komentar