Search

Residen Rehabilitasi Lapas Narkotika Nusakambangan Terima Materi Kepramukaan dari Kwartir Cabang Cilacap

NewsIndonesia - Pada hari ini Kamis, 16 Mei 2024 Lapas Narkotika Kelas IIA Nusakambangan melaksanakan kegiatan Rehabilitasi Sosial bagi narapidana peserta Rehab (Residen) yang terjerat kasus narkotika.

Materi kegiatan rehabilitasi sosial hari ini yaitu kepramukaan yang diisi oleh Kwartir Cabang Cilacap, bertempat di Aula Pandhawa. Tampak para Residen penuh antusias mengikuti kegiatan. Kegiatan ini merupakan salah satu bentuk terapi kelompok bagi Residen di Lapas Narkotika.

Kegiatan dilanjutkan dengan ice breaking dengan menyanyikan lagu kebangsaan  Indonesia Raya, membuat gambar wayang untuk nama kelompok, membuat gambar, lambang pramuka, menulis harapan atau cita-cita.

Kalapas Narkotika (Rindra Wardhana) menjelaskan, “Kegiatan pramuka masuk ke dalam agenda kegiatan program rehabilitasi sosial sebagai wadah untuk memupuk kerja sama tim, kemandirian, dan peningkatan kepercayaan diri. Dengan diselenggarakannya Rehabilitasi Sosial ini, diharapkan mampu merubah perilaku narapidana dari yang tadinya Adiktif (ketergantungan dengan zat kimia atau obat-obatan terlarang) menjadi berperilaku Adaptif (mudah menyesuaikan diri dengan lingkungan), yaitu dengan kebiasaan baru yang positif.

- Lapas Narkotika Nusakambangan

0 Komentar