Search

Berikan Latihan Evakuasi Korban: Pembina Tekankan Gudep Pramuka Lapas Kalabahi Untuk Selalu Sigap

NewsIndonesia - Gudep Pramuka 01.147 - 01.148 Lapas Kalabahi Ikuti Latihan Evakuasi Korban dalam rangka untuk mengenalkan tatacara melakukan evakuasi korban dengan berbagai teknik sesuai dengan keadaan korban, Jum'at (07/06).

Kegiatan ini diikuti oleh seluruh Anggota Gudep Pramuka Lapas Kalabahi dan diawasi langsung oleh Kasubsi Regbimkemas, Yosef Wasi, serta Staf Kamtib, Mauludin Hamzah, dan Staf Registrasi, Robert Asbanu, yang berperan sebagai Pembina Pramuka. Ada beberapa materi dan teknik evakuasi yang diajarkan pada kesempatan ini, antara lain teknik menolong korban baik sadar maupun tidak sadar dengan teknik samping bahu, membopong, gendong, memapah dengan jumlah penolong 1 atau lebih dari 2 orang.

Di momen ini, Yosef menyampaikan bahwa pelatihan ini sangat berguna ketika sewaktu-waktu terdapat situasi dimana warga binaan harus mengevakuasi orang maka mereka sudah paham langkah-langkahnya dengan baik. "Semangat buat adik-adik Gudep Pramuka Lapas Kalabahi, tetap berlatih dan terus kembangkan kemampuan yang nantinya berguna ketika kalian bebas nanti," nasihat Yosef.

Setiap anggota Gudep Pramuka Lapas Kalabahi terlihat antusias dan bersemangat dalam mengikuti kegiatan ini. Walaupun mereka kesusahan dalam mengikuti pelatihan, namun tidak ada kata menyerah dalam diri mereka. Salah satu warga binaan Anggota Pramuka, Inisial AJ, berkata, "Saya mewakili teman-teman Anggota Gudep Pramuka Lapas Kalabahi, mengucapkan terimakasih kepada Lapas Kalabahi karena telah membina serta membimbing kami dengan mendampingi kami dalam pelatihan ini. Kami berharap setelah kami bebas nanti, segala ilmu dan kemampuan yang didapat disini dapat kami pergunakan dengan sebaik mungkin."

Lebih lanjut, Kalapas Kalabahi, Yusup Gunawan, menyampaikan apresiasinya kepada para Pembina sekaligus Anggota Gudep Pramuka Lapas Kalabahi. Pelatihan ini merupakan salah satu bentuk komitmen Lapas dalam memberikan pembinaan yang optimal kepada warga binaan, agar ketika nanti bebas, mereka dapat memperoleh ilmu, pengalaman, dan kemampuan yang baru. "Saya menghaturkan apresiasi kepada Pembina serta warga binaan Anggota Gudep Pramuka Lapas Kalabahi yang sudah berusaha keras dalam melaksanakan pelatihan ini. Tetap semangat dalam belajar hal baru dan terus buat perubahan yang baik bagi Lapas ini," tutur Yusup.

Kegiatan tersebut juga mendapatkan perhatian serius dari Kakanwil Kemenkumham NTT, Marciana D. Jone. Dalam pesannya, beliau menyampaikan dukungannya terhadap program pembinaan Pramuka yang diberikan Lapas Kalabahi serta mengingatkan agar berusaha dalam memberikan pembinaan yang inovatif dan berdampak bagi warga binaan.

- Lapas Kalabahi