Search

Berikan Pelayanan Kesehatan Prima, Warga Binaan Lapas Amuntai Mendapatkan Perawatan Kesehatan dengan Baik

NewsIndonesia - Sudah menjadi sebuah kewajiban bagi setiap Petugas Pemasyarakatan untuk memberikan pembinaan dan pelayanan kepada Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP), seperti yang dilakukan oleh salah seorang Perawat Lembaga Pemasyarkatan (Lapas) Kelas IIB Amuntai yang tengah melakukan pemeriksaan kepada beberapa orang WBP di Klinik Lapas. Sabtu (15/6).

Pemeriksaan kesehatan terhadap WBP ini terdiri dari pasien penyakit jantung, pasien stroke, pemeriksaan gula darah puasa pada pasien usia lanjut dengan keluhan gejala diabetes dan lain sebagainya.

Setelah itu dilanjutkan dengan edukasi dan langkah-langkah preventif serta penyampaian informasi kesehatan kepada seluruh WBP yang dilakukan pemeriksaan agar selalu disiplin dalam menerapkan pola hidup sehat, menjaga kebersihan diri dan kamar hunian, berolahraga secara teratur dan makan obat secara rutin agar cepat sembuh.

Kegiatan pemeriksaan kesehatan ini dilakukan secara rutin dan insidentil oleh Perawat Lapas Kelas IIB Amuntai, tujuannya adalah agar para WBP yang tengah menjalani masa hukuman tetap mendapatkan hak nya yaitu pelayanan kesehatan.
 
Perawat Lapas Amuntai yaitu, Niena Novianti, menjelaskan “Kontrol kesehatan kami berikan kepada seluruh warga binaan demi memastikan kesehatan mereka terjaga, apabila WBP yang sakit tidak bisa mendatangi kami di klinik Lapas, maka kami yang akan langsung turun ke blok untuk melakukan pengecekan kesehatan tersebut,” ucapnya.

Lapas Amuntai terus berupaya memenuhi hak WBP khususnya di bidang kesehatan melalui penyediaan Klinik dan beberapa tenaga medis yang terdiri dari Perawat Lapas dan Dokter dari luar yang bekerjasama dengan Klinik Lapas. Bukan hanya itu, Lapas Amuntai juga memiliki beberapa kader kesehatan yang terdiri dari WBP Lapas Amuntai yang sebelumnya telah diberi pelatihan-pelatihan kesehatan, sehingga bisa menjadi perpanjangan tangan tenaga medis klinik Lapas untuk memaksimalkan layanan dan kebutuhan kesehatan seluruh WBP Lapas Amuntai.

- Lapas Amuntai

0 Komentar