Search

Deteksi Dini Kalapas Amuntai Trolling Area Lapas, Pastikan Kondusifitas pada Akhir Pekan

NewsIndonesia - Kepala Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas IIB Amuntai, Kanwil Kemenkumham Kalsel, Jupri didampingi oleh Kepala Regu Pengamanan, dan Staf KPLP melaksanakan kegiatan Kontrol Keliling (Trolling) ke dalam lingkungan sekeliling Lapas dan blok hunian warga binaan serta area beranggang. Kegiatan ini merupakan salah satu bentuk deteksi dini kerawanan gangguan keamanan dan ketertiban di dalam lapas pada akhir pekan, Minggu (02/06/2024).

Tampak Kalapas Kelas IIB Amuntai  menyapa Warga binaan dan memantau keamanan serta ketertiban warga binaan, tetapi juga kontrol kebersihan area lapas, serta  menyampaikan pesan kepada Warga binaan agar menjaga kebersihan diri dan kamar hunian serta selalu menjaga kesehatan diri, dengan berolahraga dengan pola hidup bersih maka akan timbul cara berfikir yang positif.

Kegiatan trolling ini sangat penting untuk dilakukan guna memastikan bahwa situasi Lapas aman dan tertib serta untuk mengetahui apa saja aktivitas yang dilakukan oleh Warga Binaan di dalam blok maupun kamar hunian. Dalam memastikan keamanan dan ketertiban di Lapas tentunya yang harus terus dilakukan adalah kontrol secara rutin oleh setiap Petugas pengamanan yang berjaga.

Kalapas Kelas IIB Amuntai , disela-sela kegiatan kontrol juga berpesan kepada Regu Pengamanan untuk tetap siaga dan waspada dalam menjaga keamanan di Lapas apalagi pada hari libur karena jumlah pegawai yang berdinas hanya Regu Pengamanan dan piket hari libur.

"Terus memantau pengamanan di Lapas baik secara langsung kontrol ke blok-blok maupun menggunakan pantauan camera CCTV yang telah banyak terpasang di setiap sudut area Lapas terutama di dalam area blok hunian. Lakukan trolling tidak hanya di blok hunian tetapi juga di seluruh area Lapas, karena dengan melakukan trolling kita bisa melakukan tindakan pencegahan, baik itu mencegah perkelahian, pelarian dan bentuk gangguan kamtib lainnya, saat hari libur harus di tingkatkan kewaspadaan serta rutin untuk trolling karena saat libur yang ada di kantor dan menjaga lapas hanya petugas pengamanan,” tutup Kalapas Amuntai.

- Lapas Amuntai