Search

Hari Lahir Pancasila, Kalapas Samarinda Hudi Ismono bersama Jajaran Peringati dengan Upacara Bendera

NewsIndonesia - Hari Lahir Pancasila ditetapkan pada tanggal 1 Juni 1945, segenap komponen bangsa dan masyarakat Indonesia berkomitmen untuk memperingati Hari Lahir Pancasila sebagai bagian dari pengarusutamaan Pancasila sebagai panduan dalam seluruh bidang kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara.

Upacara Peringatan Hari Lahir Pancasila Tahun 2024 dengan tema "Pancasila Jiwa Pemersatu Bangsa Menuju Indonesia Emas Tahun 2045" dilaksanakan secara serentak di seluruh satker Kementerian Hukum dan HAM RI berdasar zona waktu masing-masing wilayah, termasuk Jajaran Lapas Kelas IIA Samarinda pimpinan Kalapas Hudi Ismono. Sabtu, (01/06).

Dengan menggunakan berbagai pakaian adat, seluruh petugas hadir di Lapangan Lapas Kelas IIA Samarinda pada pukul 08.00 WITA.

Usai mengikuti Upacara Hari Lahir Pancasila, Kalapas Samarinda Hudi Ismono menyampaikan kepada segenap jajarannya akan makna penting peringatan Hari Lahir Pancasila.

"Dengan pelaksanaan Upacara ini diharapkan kita semua sebagai Petugas Pemasyarakatan dapat menginternalisasi nilai-nilai luhur yang terkandung dalam pancasila yang merupakan dasar falsafah Negara Republik Indonesia" tutur Kalapas Hudi Ismono.

Dengan diselenggarakannya Peringatan Hari Lahir Pancasila ini untuk menguatkan dasar-dasar Pancasila sehingga diharapkan seluruh komponen bangsa Indonesia dapat menerapkan nilai-nilai Pancasila ke dalam kehidupan berbangsa dan bernegara.

Mengingat bangsa Indonesia saat ini sedang diuji dengan berbagai macam isu-isu global seperti terorisme, radikalisme dan isu disintegrasi bangsa, maka penting kedepan untuk melaksanakan kegiatan yang dapat meningkatkan pemahaman dan pengamalan nilai-nilai pancasila, baik kepada seluruh petugas maupun warga binaan Lapas Kelas IIA Samarinda.

“Dengan hal ini diharapkan pula dapat mendukung peningkatan kinerja Kemenkumham semakin lebih baik lagi menindaklanjuti arahan Kakanwil Gun Gun Gunawan dan Kadivpas Heri Azhari”, tambahnya.

- Lapas Samarinda

0 Komentar