Search

Jajaran Kemenkumham Sulteng Kenakan Pakaian Adat Nusantara, Peringati Hari Lahir Pancasila Tahun 2024

NewsIndonesia – Peringatan Hari Lahir Pancasila tahun 2024 di Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia Sulawesi Tengah (Kanwil Kemenkumham Sulteng) terasa istimewa.

Seluruh jajaran Kanwil Kemenkumham Sulteng, mulai dari Kepala Kantor Wilayah hingga staf, mengenakan pakaian adat Nusantara dengan penuh semangat dalam upacara bendera yang dilaksanakan di Lapangan Upacara Kanwil Kemenkumham Sulteng, Sabtu, (1/6/2024).

Upacara dipimpin langsung oleh Kepala Kantor Wilayah Kemenkumham Sulteng, Hermansyah Siregar.

Membacakan sambutan Yudian Wahyudi, Kepala Badan Pembinaan Ideologi Pancasila, Hermansyah Siregar menyampaikan bahwa Hari Lahir Pancasila merupakan momentum penting bagi seluruh bangsa Indonesia untuk kembali merenungkan nilai-nilai luhur Pancasila sebagai pemersatu bangsa.

“Keberadaan Pancasila merupakan
anugerah dari Tuhan Yang Maha Esa untuk
bangsa Indonesia. Di dalam Pancasila
terkandung nilai-nilai luhur yang menjunjung
tinggi nilai-nilai inklusivitas, toleransi, dan gotong royong. Keberagaman yang ada
merupakan berkat yang dirajut dalam
identitas nasional Bhinneka Tunggal Ika,”ujar Hermansyah Siregar, membacakan.

Hermansyah Siregar juga mengajak kepada seluruh jajarannya untuk meningkatkan kinerja dan pelayanan kepada masyarakat dengan berlandaskan nilai-nilai Pancasila.

“Mari kita jadikan Hari Lahir Pancasila ini sebagai momentum untuk meningkatkan kinerja dan pelayanan kita kepada masyarakat dengan berlandaskan nilai-nilai Pancasila,” kata Hermansyah Siregar, yang saat itu mengenakan pakaian adat suku Bugis, Sulawesi Selatan.

Diakhir kegiatan, Hermansyah pun berharap agar peringatan Hari Lahir Pancasila dapat dimaknai oleh seluruh jajarannya untuk meningkatkan rasa cinta tanah air dan memperkuat persatuan bangsa.

“Semoga dengan kegiatan ini, nilai-nilai Pancasila dapat semakin mengakar kuat di hati seluruh jajaran Kanwil Kemenkumham Sulteng dan dapat kita aktualisasikan dalam kehidupan sehari-hari,” pungkas Hermansyah Siregar.

- Kanwil Kemenkumham Sulteng