Search

Jum’at Berkah di Rutan Donggala, Hermansyah Siregar: Mari Kita Menjadi Manusia Bertakwa Kepada Tuhan YME

NewsIndonesia – Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia Sulawesi Tengah (Kanwil Kemenkumham Sulteng) kembali menggelar kegiatan Jum’at Berkah, kali ini, kegiatan dipusatkan di Rumah Tahanan Negara Kelas IIB Donggala, Jumat, (7/6/2024).

Kegiatan ini diikuti oleh pegawai dan Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP) Rutan Donggala yang berjumlah 428 orang.

Memimpin langsung kegiatan tersebut, Kepala Kantor Wilayah Kemenkumham Sulteng, Hermansyah Siregar, dalam sambutannya mengajak WBP untuk memanfaatkan waktu selama menjalani masa pembinaan dengan sebaik-baiknya.

Hermansyah Siregar mengajak agar baik para pegawai maupun para WBP untuk menjadi manusia yang bertakwa.

Menurutnya, setiap manusia di dunia memiliki status yang sama yakni seorang hamba, maka, tidak melihat jabatan, status, hingga kekayaan, esensi menjadi manusia terbaik ia katakan adalah seorang yang memiliki keimanan dan ketakwaan yang baik.

“Sebagai umat Islam, kita diwajibkan untuk menjalankan ibadah dengan sebaik-baiknya. Mari kita manfaatkan waktu yang ada di sini untuk meningkatkan keimanan dan ketaqwaan kita kepada Allah SWT,” ujar Hermansyah Siregar.

Dalam momen yang penuh khidmat tersebut, Hermansyah yang turut didampingi Kepala Divisi (Kadiv) Pemasyarakatan, Ricky Dwi Biantoro, Kadiv Keimigrasian, Arief Hazairin Satoto disambut langsung Kepala Rutan Donggala, Suwandi.

Hermansyah Siregar juga menyampaikan bahwa kegiatan Jum’at Berkah ini bertujuan untuk memberikan pembinaan rohani dan mental kepada WBP.

Ia mengapresiasi atas semangat dari seluruh WBP dalam mengikuti berbagai program pembinaan. Ia meminta agar hal positif tersebut senantiasa dipertahankan. 

“Diharapkan dengan kegiatan ini, WBP dapat menjadi manusia yang lebih baik dan dapat kembali ke masyarakat dengan bekal ilmu dan iman yang kuat,” kata Hermansyah.

Kegiatan Jum’at Berkah di Rutan Donggala diisi dengan berbagai kegiatan, seperti ceramah agama, salat Jumat berjamaah, doa hingga menyantap kudapan bersama.

Tidak hanya itu, WBP juga mendapatkan paket Al-Qur’an serta buku keagamaan lainnya.

“Tadi kita bagikan beberapa paket buku bacaan keagamaan, tentunya itu menjadi harapan kita juga agar lebih optimal lagi pembinaan yang sudah sangat bagus dilakukan disini, dan satu lagi, mari kita lebih memakmurkan Masjid kota ini,” tutup Hermansyah Siregar.

Sementara itu, Karutan Donggala, Suwandi juga mengucapkan terima kasih kepada Kanwil Kemenkumham Sulteng atas terselenggaranya kegiatan Jum’at Berkah ini.

“Kegiatan ini sangat bermanfaat bagi WBP. Dengan kegiatan ini, WBP dapat merasakan ketenangan dan kedamaian dalam hatinya,” harap Suwandi.

- Kanwil Kemenkumham Sulteng