Search

Kakanwil Kemenkumham Sulteng Gelar Berkah Jumat di Lapas Ampana

NewsIndonesia - Kepala Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia Sulawesi Tengah (Kakanwil Kemenkumham Sulteng), Hermansyah Siregar, didampingi oleh Kepala Bidang Pelayanan Tahanan, Kesehatan, Rehabilitasi Pengelolaan Benda Sitaan, Barang Rampasan Negara, Keamanan, M. Nur Amin, dan Kepala Lapas Ampana, Mansur gafur melaksanakan kegiatan Berkah Jumat di Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Ampana. Acara ini bertujuan untuk memberikan perhatian dan dukungan kepada para narapidana, serta mempererat hubungan antara petugas pemasyarakatan dan warga binaan.

Dalam sambutannya, Hermansyah menyampaikan pentingnya kegiatan sosial seperti Berkah Jumat sebagai bentuk kepedulian dan kasih sayang terhadap sesama. "Melalui kegiatan Berkah Jumat ini, kami berharap dapat memberikan manfaat dan semangat baru bagi para narapidana. Ini adalah bentuk kepedulian kami terhadap mereka yang sedang menjalani masa hukuman, agar mereka merasa diperhatikan dan termotivasi untuk berubah menjadi lebih baik," ujar Hermansyah.

Acara Berkah Jumat ini diisi dengan berbagai kegiatan positif. Di antaranya adalah pemberian bantuan berupa Alat Sholat kepada WBP. Hermansyah juga memberikan ceramah motivasi, mengajak para narapidana untuk tidak putus asa dan terus berusaha memperbaiki diri. "Setiap manusia pasti pernah melakukan kesalahan, namun yang terpenting adalah bagaimana kita bangkit dan berubah menjadi lebih baik. Manfaatkan waktu di sini untuk belajar dan memperbaiki diri,pembinaan di lapas ampana tidak ada bedanya dengan pesantren yang mana di lapas ampana WBP dapat memperdalam ilmu agama dengan lebih dalam lagi sehingga ketika keluar nanti, kalian bisa kembali ke masyarakat dengan lebih baik, dan selalu menanamkan kesyukuran pada diri " kata Hermansyah.

Suasana haru dan kebersamaan terlihat jelas selama acara berlangsung, menunjukkan bahwa kegiatan seperti ini sangat penting untuk membangun rasa kebersamaan dan saling mendukung.

Kegiatan Berkah Jumat ini diakhiri dengan pembagian makanan dan minuman kepada para narapidana, yang disambut dengan antusias oleh mereka. Para narapidana merasa senang dan berterima kasih atas perhatian dan bantuan yang diberikan oleh Kemenkumham Sulteng. Mereka berharap agar kegiatan semacam ini dapat terus dilakukan secara rutin.

Hermansyah juga menyampaikan apresiasi kepada seluruh petugas Lapas Ampana yang telah bekerja keras untuk menyukseskan acara ini. "Saya sangat bangga dengan dedikasi dan kerja keras kalian semua. Mari kita terus berusaha memberikan yang terbaik bagi para narapidana, sehingga mereka bisa menjalani masa hukuman dengan baik dan termotivasi untuk berubah menjadi lebih baik," pungkasnya.

Acara Berkah Jumat ini merupakan salah satu inisiatif Kemenkumham Sulteng untuk menciptakan lingkungan pemasyarakatan yang humanis dan mendukung proses rehabilitasi para narapidana. Dengan adanya kegiatan seperti ini, diharapkan para narapidana dapat merasakan dukungan dan perhatian dari pihak luar, sehingga mereka termotivasi untuk berubah dan kembali ke masyarakat sebagai individu yang lebih baik.

- Kanwil Kemenkumham Sulteng