Search

Kebersamaan dalam Keberagaman: Rutan Pelaihari Peringati Hari Lahir Pancasila

NewsIndonesia – Rutan Kelas IIB Pelaihari melaksanakan upacara bendera dalam rangka memperingati Hari Lahir Pancasila yang jatuh pada tanggal 1 Juni 2024. Upacara yang dimulai pukul 08.00 hingga 08.40 WITA ini digelar di lapangan arena olahraga Rutan Pelaihari dan dipimpin langsung oleh Kepala Rutan Pelaihari, Fani Andika.

Dalam sambutannya, Fani Andika membacakan pidato dari Kepala Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP) Republik Indonesia, Yudian Wahyudi. Pidato tersebut menekankan pentingnya Pancasila sebagai pemersatu bangsa dan pemandu dalam kehidupan berbangsa dan bernegara, serta mengajak seluruh komponen bangsa untuk mengamalkan nilai-nilai Pancasila dalam setiap aspek kehidupan.

“Peringatan Hari Lahir Pancasila Tahun 2024 ini mengambil tema ‘Pancasila Jiwa Pemersatu Bangsa Menuju Indonesia Emas 2045’. Tema ini mengandung makna bahwa Pancasila menyatukan kita dengan segala perbedaan suku, agama, budaya, dan bahasa dalam menyongsong 100 tahun Indonesia Emas yang maju, mandiri, dan berdaulat,” ucap Fani Andika mengutip pidato Kepala BPIP.

Lebih lanjut, pidato tersebut juga menyampaikan bahwa Pancasila harus dijadikan sebagai ideologi yang bekerja, dirasakan kehadiran dan manfaatnya oleh seluruh masyarakat Indonesia. Pancasila, dengan nilai-nilai inklusivitas, toleransi, dan gotong royong, diharapkan mampu menjadi filter dalam menghadapi tantangan global yang ditandai dengan kemajuan teknologi dan informasi yang pesat.

“Keberadaan Pancasila merupakan anugerah dari Tuhan Yang Maha Esa untuk bangsa Indonesia. Di dalam Pancasila terkandung nilai-nilai luhur yang menjunjung tinggi nilai-nilai inklusivitas, toleransi, dan gotong royong. Keberagaman yang ada merupakan berkat yang dirajut dalam identitas nasional ‘Bhinneka Tunggal Ika’,” lanjutnya.

Dalam kesempatan ini, seluruh peserta upacara di Rutan Pelaihari diingatkan untuk terus membumikan nilai-nilai Pancasila ke dalam setiap aspek kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara, sehingga Indonesia dapat terus berdiri kokoh dan tangguh dalam menghadapi berbagai tantangan.

Upacara peringatan Hari Lahir Pancasila di Rutan Pelaihari berlangsung dengan khidmat dan diikuti oleh seluruh pegawai serta warga binaan. Semangat gotong royong dan persatuan yang tercermin dalam pelaksanaan upacara ini diharapkan dapat memompa semangat semua pihak untuk terus mengamalkan nilai-nilai Pancasila demi Indonesia yang lebih baik.

- Rutan Pelaihari

0 Komentar