Search

Pastikan Kebersihan Area Branggang Lapas Kalabahi, Ka KPLP dan Kasubsi Laptatib Lakukan Kontrol di Semua Sudut

NewsIndonesia - Dalam rangka menjaga kebersihan Lingkungan Lapas sekaligus mencegah gangguan Kamtib, KA. KPLP, Saverinus A. Rengi bersama Kasubsi Laptatib, David H.O Loa, melaksanakan kontrol kebersihan di area sekitar Branggang Lapas Kalabahi pada hari Minggu (02/06).

Kegiatan kontrol ini adalah hal yang rutin dilaksanakan oleh Lapas Kalabahi agar Lingkungan Lapas menjadi aman dan bersih. KA. KPLP bersama Kasubsi Laptatib memantau area Branggang mulai dari Pos Menara I hingga IV. Saver memerintahkan beberapa WBP untuk membantu membersihkan area tersebut dari sampah-sampah hingga rerumputan yang mulai tinggi.

Dalam kontrolnya, Saver menyampaikan bahwa Area Branggang merupakan salah satu area yang cukup rawan bagi WBP untuk melakukan pelarian, oleh karena itu perlu dilakukan pemantauan secara berkala dan pembersihan di area tersebut.

“Kebersihan di dalam Lapas harus tetap terjaga, ditambah banyak area yang yang rawan dan memucu gangguan keamanan. Oleh karena itu kita akan terus melakukan kontrol secara menyeluruh agar memastikan kebersihan dan keamanan di dalam Lapas,” ungkap Saver.

Lebih lanjut, David mengecek keamanan di area Branggang seperti kelayakan kawat trali pembatas serta pengecekan di area sekitar Pos Menara untuk menghindari kejadian yang tidak diinginkan.

Di momen yang sama, Yusup mengatakan bahwa "Tanggung jawab keamanan serta kebersihan Lapas adalah tanggung jawab bersama semua pegawai, maka dari itu diperlukan kekompakan serta kerja sama yang baik dari pegawai."

kegiatan ini mendapatkan atensi dari Kakanwil Kemenkumham NTT, Marciana D. Jone. Dalam arahannya, Marciana selalu menyampaikan agar setiap UPT khususnya di Lapas, Rutan, dan LPKA untuk sigap dan cermat dalam melaksanakan program deteksi dini terhadap gangguan Kamtib sekaligus menjaga kebersihan di masing-masing UPT agar pelaksanaan tugas dapat berjalan dengan baik dan aman. 

- Lapas Kalabahi