Search

Perkuat Akuntabilitas: Lapas Kalabahi Ikuti Zoom Exit Meeting Pemeriksaan BPK RI Secara Virtual

NewsIndonesia - Dalam rangka Menindaklanjuti undangan dari Kemenkumhamham RI, Jajaran Lapas Kelas IIB Kalabahi ikuti Zoom Exit Meeting Pemeriksaan Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) RI atas laporan keuangan Kemenkumham RI Tahun 2023 secara virtual di Ruangan Bendahara Lapas, Rabu (05/06).

Hadir sebagai perwakilan Lapas Kalabahi, Kasubag TU, Putu Perdana, Kaur Kepegawaian dan Keuangan, Oktoviyana L.L. Jagi, Kasubsi Giatja, Abdurrahman Haryono, serta satu orang Staf Keuangan, Rivaldo F. Olang. Tujuan dari pelaksanaan kegiatan ini ialah untuk menindaklanjuti hasil laporan keuangan Kemenkumham RI pada tahun 2023 kepada BPK RI. Pusat pelaksanaan kegiatan ini bertempat di Ruang Soepomo, Lantai 7, Gedung Setjen Kemenkumham, Jalan H.R. Rasuna Said Kav. 6-7, Jakarta Selatan. 

Kegiatan diawali dengan mendengarkan sambutan dari Plh. Sekretaris Jenderal Kemenkumham RI, Min Usihen. Beliau menyampaikan bahwa setiap tahun Kemenkumham selalu menyampaikan laporan keuangannya kepada BPK RI sebagai wujud dari keterbukaan informasi serta akuntabilitas. "Segala hal mengenai laporan keuangan di Kemenkumham RI senantiasa kami sampaikan secara berkala dan sistematis kepada BPK RI agar dapat dipantau secara terukur dan menghindari dari perilaku penyelewengan anggaran. Kami berkomitmen untuk menjaga Akuntabilitas dalam bertugas karena itu adalah salah satu implementasi dari nilai PASTI di Kemenkumham yaitu Akuntabilitas," tegas Min Usihen.

Lebih lanjut, Kasubag TU, Putu Perdana, menyampaikan bahwa kegiatan ini penting untuk diikuti agar proses dalam pengelolaan keuangan di setiap Satker dapat lebih transparan sehingga dapat menghindari tindakan penyelewengan anggaran.

Di momen yang sama, Kalapas Kalabahi, Yusup Gunawan, memberikan tanggapannya terhadap pelaksanaan kegiatan ini. Yusup mengatakan "Saya memghimbau kepada rekan-rekan agar dapat bekerja dengan teliti dan sigap dalam menyusun laporan keuangan di Lapas Kalabahi, Karena segala hal tersebut akan dimintai pertanggungjawabannya. Mari terus membangun persepsi yang baik dari masyarakat dengan cara menjaga Akuntabilitas dalam pelaporan keuangan ini."

Kakanwil Kemenkumham NTT, Marciana D. Jone memberikan tanggapan yang baik terkait kegiatan ini. Dalam momen ini Marciana, mengingatkan kepada setiap Satker untuk selalu melaksanakan pengelolaan keuangan dengan teliti dan tetap menjaga transparansi serta akuntabilitas dalam pelaksanaannya.

- Lapas Kalabahi