Search

Tim Bapas Amuntai Ikuti Sosialisasi Dukungan Manajemen dan Rekonsiliasi Laporan Keuangan Semester Satu Tahun Anggaran 2024

NewsIndonesia – Tim kerja dari Balai Pemasyarakatan (Bapas) Amuntai berpartisipasi dalam sosialisasi yang bertajuk "Sosialisasi Dukungan Manajemen dan Rekonsiliasi Laporan Keuangan Semester Satu Tahun Anggaran 2024". Acara ini diadakan untuk meningkatkan pemahaman dan keterampilan dalam manajemen keuangan serta memastikan transparansi dan akuntabilitas laporan keuangan.

Sosialisasi ini diselenggarakan oleh Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kemenkumham) Kalimantan Selatan dengan tujuan utama memberikan pengetahuan terkini mengenai pengelolaan keuangan negara dan untuk meningkatkan kesadaran dan pemahaman yang sama dalam pelaksanaan fungsi dukungan manajemen guna mendukung pelaksanaan tugas dan fungsi hingga tingkat Unit Pelaksana Teknis.. Kegiatan yang bertempat di G’Sign Hotel Banjarmasin ini turut dihadiri oleh Direktur Pembimbingan Kemasyarakatan dan Upaya Keadilan Restoratif Pemasyarakatan Direktorat Jenderal Pemasyarakatan, Pimpinan Tinggi Pratama, Pejabat Administrator, Pejabat Pengawas, Kepala UPT se-Kalsel, serta perwakilan peserta dari Kanwil dan UPT se-Kalsel., termasuk Tim dari Bapas Amuntai.

Dalam sambutannya ketika membuka resmi kegiatan, Kepala  Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kemenkumham) Kalimantan Selatan menyampaikan pentingnya acara ini untuk memperkuat kapasitas manajemen keuangan di tingkat UPT. " "Melalui kegiatan ini, kita kiranya dapat dipahami dan disepakati bersama bahwa manajemen yang baik dan rekonsiliasi laporan keuangan yang tepat adalah hal yang sangat penting dalam kedinasan. Melalui penerapan manajemen dan rekonsiliasi laporan keuangan yang baik, akan meningkatkan efisiensi dan efektivitas kerja serta memberikan perlindungan bagi instansi kita dari berbagai potensi risiko," tutur Kakanwil.

Materi yang disampaikan meliputi berbagai aspek penting, mulai dari teknik rekonsiliasi laporan keuangan, pemahaman atas regulasi keuangan terbaru, hingga strategi untuk mengatasi tantangan dalam pengelolaan anggaran. Selain itu, peserta juga diberi kesempatan untuk berdiskusi dan berbagi pengalaman terkait dengan pengelolaan keuangan di masing-masing unit.

Acara sosialisasi ini diharapkan dapat memberikan dampak positif bagi peningkatan kualitas laporan keuangan di lingkungan Bapas Amuntai. Dengan demikian, pengelolaan anggaran dapat dilakukan dengan lebih efektif dan efisien, mendukung tercapainya tujuan program pemasyarakatan yang lebih baik.

Kegiatan sosialisasi ini ditutup dengan sesi tanya jawab dan penyampaian kesimpulan oleh narasumber. Para peserta diharapkan dapat mengimplementasikan ilmu yang diperoleh dalam kegiatan sehari-hari di unit kerja masing-masing.

- Bapas Amuntai

0 Komentar