Search

Tindak Lanjuti Undangan KPPN: Staf Keuangan Lapas Kalabahi Ikuti Bimtek Virtual

NewsIndonesia - Dalam rangka menindaklanjuti undangan dari Kantor Pelayanan Perbendaharaan Negara (KPPN) Kupang, Staf Keuangan Lapas Kalabahi, Rivaldo Olang, Ikuti Zoom Pelaksanaan Focus Group Discussion (FGD) Perkembangan APBN, Evaluasi Pelaksanaan Anggaran, Asistensi/Bimtek Aplikasi SAKTI, Asistensi Pembayaran Digital, dan Asistensi Penyusunan Laporan Keuangan Secara Virtual di Ruangan Bendahara Lapas, Senin (03/06).

Kegiatan ini dilaksanakan oleh KPPN Kupang dalam rangka penyampaian informasi terkini terkait APBN, evaluasi pelaksanaan anggaran Satker sampai dengan Tanggal 31 Mei 2024 dan untuk meningkatkan pemahaman dan kompetensi Satker terkait Aplikasi SAKTI, implementasi pembayaran digital 2024, serta penyusunan laporan keuangan Satker. Kegiatan ini juga bertujuan untuk memastikan penggunaan anggaran dan sistem keuangan yang efisien di masing-masing Satker. 

Hadir sebagai pembicara, Kepala KPPN  Tipe A1 Kupang, Masta Boru Manurung. Dalam Penjelasannya, Masta, menyampaikan bahwa Evaluasi pelaksanaan FGD ini diharapkan dapat membantu setiap Satker untuk membantu memudahkan dalam melakukan evaluasi pelaksanaan anggaran serta memudahkan dalam penggunaan sistem keuangan seperti Aplikasi SAKTI serta pembayaran secara digital.

Pada kesempatan ini, Yusup mengatakan, "Kegiatan Zoom ini sangat bermanfaat bagi Lapas Kalabahi, karena dapat memastikan penggunaan anggaran dan sistem keuangan yang efisien serta dapat memudahkan dalam penggunaan aplikasi keuangan seperti Aplikasi SAKTI dan pembayaran secara digital. Kegiatan ini merupakan komitmen Lapas Kalabahi dalam menjaga Akuntabilitas dalam evaluasi pelaksanaan anggaran."

Kakanwil Kemenkumham NTT, Marciana D. Jone memberikan respon positif terkait kegiatan ini. Dalam kesempatan ini Marciana, menegaskan kepada setiap Satker untuk selalu melaksanakan evaluasi pelaksanaan anggaran serta penggunaan sistem keuangan seperti aplikasi keuangan dengan efisien agar teciptanya transparansi dalam pelaksanaan anggaran di masing-masing Satker. 

- Lapas Kalabahi