Search

Lapas Tenggarong Siap Miliki Klinik Terakreditasi, Petugas Klinik Ikuti Survey Akreditasi bersama LASKESI

NewsIndonesia – Klinik Lapas Kelas IIA Tenggarong berkomitmen untuk meningkatkan kualitas layanan kesehatan bagi para narapidana. Hal ini dibuktikan dengan mengikuti kegiatan Survey Akreditasi Klinik Lapas Kelas IIA Tenggarong bersama Lembaga Akreditasi Fasyankes Seluruh Indonesia (LASKESI) yang dilaksanakan pada hari ini melalui platform Zoom yang dilaksanakan di Aula atas pada (04/07/2023) pukul 09.00-Selesai.

Kegiatan ini dibuka dengan sambutan dari Kepala Lapas Kelas IIA Tenggarong, Agus Dwirijanto. Dalam sambutannya, beliau menyampaikan apresiasi kepada LASKESI atas kesediaannya untuk melakukan survey akreditasi di Klinik Lapas Kelas IIA Tenggarong. Beliau juga berharap agar survey ini dapat berjalan dengan lancar dan Klinik Lapas Kelas IIA Tenggarong dapat meraih hasil yang terbaik.

Agus dalam sambutannya memaparkan bahwa Lapas Kelas IIA Tenggarong saat ini mengalami over kapasitas, sehingga dengan adanya layanan kesehatan dalam hal ini Klinik yang terakreditasi dapat meningkatkan kualitas pelayanan kesehatan. 

“Lapas tenggarong saat ini mengalami over kapasitas, sehingga harapan kami dengan terakreditasinya klinik Lapas dapat semakin menigkatkan pelayanan kesehatan terhadap Warga Binaan Pemasyarakatan”

Lebih lanjut agus mengatakan bahwa, tidak semua lapas memiliki Klinik, dan dengan terakreditasinya klinik lapas tenggarong, menjadi sebuah komitmen bagi lapas dalam mensukseskan pelayanan serta pembinaan.

“Tidak banyak lapas yang memiliki klinik, dan Lapas Tenggarong menjadi salah satu lapas yang terus berusaha meningkatkan pelayanan salah satunya pelayanan kesehatan lewat klinik yang terakreditasi secara resmi” ucap Agus.

Survey Akreditasi Klinik Lapas Kelas IIA Tenggarong ini dilakukan oleh tim surveyor dari Dinkes Kukar dan LASKESI. adapun yang memberikan pengarahan dalam Zoom yang pertama adalah dari Dinkes Kukar yang diwakili oleh Kepala Bidang Pelayanan Kesehatan Dinas Kesehatan Kukar dr. Laode Nur Aida dan dari LASKESI yakni dr. Emi Setianingsih, Sp.PK, FisQua. Tim surveyor akan melakukan penilaian terhadap berbagai aspek di Klinik Lapas Kelas IIA Tenggarong, termasuk:

Manajemen
Pelayanan
Sumber Daya Manusia
Sarana Prasarana
Fasilitas
Rekam Medik
Pencegahan dan Pengendalian Infeksi
Kesehatan dan Keselamatan Kerja
Peningkatan Mutu

Hasil survey akreditasi ini nantinya akan digunakan sebagai acuan untuk meningkatkan kualitas layanan di Klinik Lapas Kelas IIA Tenggarong. Klinik Lapas Kelas IIA Tenggarong berkomitmen untuk terus berbenah dan memberikan layanan kesehatan terbaik bagi para narapidana.

Tentang Klinik Lapas Kelas IIA Tenggarong
Klinik Lapas Kelas IIA Tenggarong adalah salah satu unit pelaksana teknis di bawah Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Kalimantan Timur. Klinik ini memiliki tugas untuk memberikan pelayanan kesehatan kepada narapidana di Lapas Kelas IIA Tenggarong. Klinik ini dilengkapi dengan berbagai fasilitas, seperti ruang pemeriksaan, ruang rawat inap, dan apotek. Klinik ini juga memiliki tenaga kesehatan yang profesional dan berpengalaman.

Tentang LASKESI: Lembaga Akreditasi Fasyankes Seluruh Indonesia (LASKESI) adalah lembaga akreditasi mandiri yang dibentuk oleh organisasi profesi di bidang kesehatan. LASKESI memiliki tugas untuk melakukan akreditasi terhadap fasilitas kesehatan di Indonesia. Akreditasi ini bertujuan untuk meningkatkan mutu layanan kesehatan di Indonesia.

- Lapas Tenggarong

0 Komentar